DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemerhati Pendidikan Berharap Disdikbud Semalatkan SMA Serumpun Air Molek

Editor :Fauzi Jumat,19 Juli 2019 | 15:29:50 WIB
Pemerhati Pendidikan Berharap Disdikbud Semalatkan SMA Serumpun Air Molek Ket Foto : fhoto A Malik S Pd

PELITARIAU, Inhu   Kepala Sekolah SMA Serumpun Air Molek yang berlokasi di Desa Serumpun Jaya Kec Pasir Penyu Kab Inhu memaparkan sebagian sekolah swasta di Kab Inhu-Riau pada tahun ajaran baru 2019-2020 ini lagi menjerit atas kekurangan siswa baru. sementara jadwal pendaftaran siswa baru tahun ajaran 2019–2020 sudah berakhir.

Diduga Ini dampak dari penerapan sistem zonasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Di SMA Serumpun ada penurunan jumlah siswa baru cukup siknifikan jauh dibandingkan dengan tahun lalu.

“Hal tersebut dirasanakan sekolah swasta seperti di SMA Serumpun Air Molek Kecamatan Pasir Penyu, baru ada 7 siswa yang daftar. tahun lalu untuk rombongan belajar (rombel) kelas VII bisa mencapai belasan siswa. Lambatnya keterisian pagu ini karena dampak peta zonasi berubah,”kata Isroihan Iskandar S Ag, Jumat (19/7/2019).

Untuk menambah siswa baru SMA Serumpun sampai saat ini masih membuka dan menerima kalau ada siswa baru mendaftar apalagi sekolah swasta sudah dikepung sekolah swasta besar yang pagunya besar. Makanya, kami harus membuka pendaftaran hingga pra masuk sekolah. ujarnya.

Sementara, Pemerhati Pendidikan Kab Inhu A Malik S Pd menyatakan memang nasib sekolah swasta perlu di perhitungkan dengan opsi mergerisasi sekolah yang dianggap kurang siswa. Semisal, jika ada sekolah swasta dalam satu yayasan yang kurang, maka antar sekolah di-merger.

”Sehingga bisa saja mergerisasi itu dinegerikan. Jadi bisa efisien dari segi biaya. Guru dan sarprasnya sudah ada dan pemaksimalan sekolah bisa lebih cepat,” ujarnya.

Seharusnya tugas untuk keseimbangan pemerataan agar terpenuhi kegiatan belajar mengajar di sekolah swasta juga menjadi pekerjaan rumah. Disdikbud harus mendata sekolah mana saja yang belum terisi. Bukan semata tanggung jawab pengelolah yayasan dan kepala sekolah yang terus mengoptimalkan dan mensosialisasikan ke semua masyarakat, Disdikbud berperan untuk mendorong masyarakat harus mau mendaftarkan siswa baru kesekolah swasta. apalagi kesediaan sekolah swasta bisa menurunkan biaya dan bersedia menggratiskan siswa yang tidak mampu, Tegas A Malik.**


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved