DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bupati Drs H Irwan Nasir M,Si Hadiri Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Ke-9 Tahun 2016

Editor :Eka Gusmidarti Rabu,02 November 2016 | 16:37:22 WIB

PELITARIAU, Meranti- Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si hadir di acara Perayaan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia ke 9 Tahun 2016 yang di gelar UPT Puskesmas Selatpanjang bersama TP - PKK Kecamatan Tebing Tinggi  di halaman Kantor Camat Tebing Tinggi, pada Rabu (2/11/16) pukul 08.30 WIB.

 

Dalam sambutannya,Bupati menghimbau masyarakat untuk biasakan diri mencuci tangan menggunakan sabun sejak dini, pernyataan itu diungkapkannya sempena peringatan hari cuci tangan sedunia di Kabupaten Meranti, bertempat dihalaman Kantor Camat Tebing Tinggi, Rabu (2/11).

 

Turut hadir diacara tersebut, dr. H. Misri Hasanto Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti, Kapolres Meranti diwakili Kapolsek Tebing Tinggi AKP Syafril SH,Danramil Selatpanjang diwakili Peltu Lakatang, Kabag Humas Sekdakab Meranti Elfandi, Camat Tebing Tinggi Drs. Asrorudin, Ketua Tim Penggerak Penggerak PKK Hj. Nirwana Irwan, Wakil Ketua Penggerak PKK Hj. Syamsiar, serta ratusan anak-anak SD Se-Kecamatan Tebing Tinggi dan lainnya.

 

Sempena hari cuci tangan sedunia Ke-9 Tahun 2016 itu, Bupati Irwan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Nirwana Irwan, dan rombongan langsung mengkampanyekan cuci tangan dengan sabun yang diawali dengan pelepasan balom keudara, deklarasi secara simbolis dengan membubuhkan cap jari diseutas kain dan langsung mempraktekan cuci tangan pakai sabun kepada para murid sekolah dasar dan guru pendidik.

 

Apa yang dilakukan Bupati juga diikuti oleh ratusan murid SD dan guru pembimbing Se-Kecamatan Tebing Tinggi yang hadir ketika itu.

 

Dikatakan Bupati, kampanye global cuci tangan dengan sabun sedunia ini merupakan sebuah kegiatan yang strategis dalam rangka membangun kebiasaan hidup sehat masyarakat. Ia berharap melalui kegiatan yang juga dirayakan seluruh masyarakat dunia itu, mampu menumbuhkan kesadaran masyarakat di Kabupatn Meranti akan pentingnya manfaat cuci tangan untuk kesehatan tubuh sekarang dan masa datang. "Kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka menumbuhkan kebiasaan masyarakat agar peduli dengan kesehatan tubuhnya yang diawali dengan mencuci tangan dengan sabun," jelas Bupati.

 

Kebiasaan mencuci tangan dengan sabun perlu digalakan ditengah masyarakat, agar hal itu menjadi sebuah kebiasaan perlu dimulai sejak dini mulai dari anak sekolah dasar hingga SMU. Diakui Bupati hal itu sesuai dengan pengalamannya waktu disekolah dulu yang terbawa hingga usianya 48 tahun saat ini. Diceritakan Bupati, saat sekolah dulu dirinya selalu diingatkan oleh gurunya untuk selau mencuci tangan dan kaki sebelum tidur, agar tidak terkena penyakit cacingan. Karena dirinya selalu melakukan terus menerus sejak kecil hingga kini menjadi sebuah kebiasaan. 

 

"Saya tidak bisa tidur kalau tidak mencuci tangan, kebiasaan ini terus saya lakukan sejak saya dibangku sekolah dulu, senantiasalah mencuci tangan pakai sabun yang dimulai sejak dini," ajak Bupati.

 

"Saya berharap gerakan ini bukan hanya disosialisasikan pada anak-anak tingkat SD tapi juga diseluruh sekolah yang ada di Kabupaten Meranti. Saya juga menghimbau semua pihak mulai Kepala Sekolah, Camat, Kades, melalui Tim Penggerak PKK, dan Badan Pemberdayaan Perempuan dan anak dapat lebih gencar mennsosialisasikanya ditengah masyarakat," ujar Bupati.

 

Kampanye cuci tangan dengan sabun ini sesuai arahan Bupati Irwan, akan dilakukam tidak hanya sempena hari cuci tangan sedunia, tapi akan disampaikan disetiap kesempatan. "Sosialisasi ini jangan jangan sampai selesai disini, tapi lakukan disetiap kesempatan, meski cuci tangan dengan sabun terkesan sederhana, namun memberikan dampak yang besar bagi kesehatan khususnya generasi muda, semoga memberikan manfaat terhadap kwalitas kesehatan dan sumber daya manusia di Kabupaten Meranti," terang Bupati.

 

Sekedar infomasi, Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia adalah sebuah kampanye global yang dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi-organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku  mencuci tangan dengan sabun oleh masyarakat sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian  balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

 

Salah satu tujuannya adalah penurunan angka kematian untuk anak-anak dimana lebih dari 5.000 anak balitapenderita diare meninggal setiap harinya diseluruh dunia sebagai akibat dari kurangnya akses pada air bersih dan fasilitas sanitasi dan pendidikan kesehatan. Penderitaan dan biaya-biaya yang harus ditanggung karena sakit dapat dikurangin dengan melakukan perubahan perilaku sederhana seperti mencuci tangan dengan sabun, yang menurut penelitian dapat mengurangi angka kematian yang terkait dengan penyakit diare hingga hampir 50 persen.

 

Dalam acara tersebut,Bupati bersama TP PKK Kabupaten Meranti menyerahkan piagam penghargaan kepada 3 Unit Kesehatan Sekolah ( UKS ) terbaik,masing-masing :

UKS terbaik I SDN 02 Selatpanjang

UKS terbaik II SDN 03 Selatpanjang

UKS terbaik III SDN 10 Selatpanjang.

 

Sementara itu, Ka UPT Puskesmas Selatpanjang, Dr H Joko Santoso mengatakan, hidup bersih harus dimulai dari hal kecil. Kegiatan ini merupakan kerjasama lintas sektor dan lintas  program dan acara ini juga mendapat suport serta apresisasi dari Camat Tebing Tinggi Asroruddin SE.

 

Rahmadona AMd Keb Staf UPT Puskemas Selatpanjang menyampaikan, gerakan mencuci tangan sudah di perkenalkan hampir setahun  di kalangan siswa SD di Kota Selatpanjang ini. Sedangkan latihan penyeragaman gerak baru dilaksanakan kurang lebih 2 minggu dengan peserta 20 orang  siswa SD Negeri 02 Selatpanjang.

 

Peragaan gerakan mencuci tangan sebelum makan itu, dalam rangka memotivasi anak untuk senantiasa bersih yang diikuti sebanyak 526 siswa yang berasal dari lima SD.

Semoga budaya ini terus diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat secara luas,harap nya.***ek


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved