DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

BPS Inhu, Sensus Ekonomi Menentukan Kebijakan Ekonomi di Masa Mendatang

Editor : Minggu,01 Mei 2016 | 09:28:46 WIB
BPS Inhu, Sensus Ekonomi Menentukan Kebijakan Ekonomi di Masa Mendatang Ket Foto : Logo Badan Pusat Statistik

PELITARIAU, Rengat - Morgan Tambunan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Indragiri hulu (Inhu), menegaskan kepada petugas pencacah sensus ekonomi dilapangan agar tetap berkoordinasi dengan pemerintahan setingkat RT. Hal itu sebagai bentuk sosialisasi program nasional tentang pelaksanaan sensus ekonomi serentak.

 

Hal itu disampaikan Morgan Tambunan ketika akan dimulainya pengecekan wilayah dengan peta lapangan. “Selama dua hari ini yakni Jum’at (28/4) dan Sabtu (29/4), masing-masing petugas pencacah lapangan (PCL) bersama pengawas lapangan (PML) turun menentukan tapal batas wilayah cacah,” ujar Morgan Tambunan, Minggu (1/5).

 

Menurutnya, turun lapangan untuk pengecekan wilayah sangat perlu dilakukan sebelum dilaksanakan sensus ekonomi serentak pada hari ini. Sehingga ketika dilakukan pencacahan tidak terjadi tumpang-tindih data antara satu petugas pencacah dengan petugas lainnya.

 

Selain turun lapangan untuk pengecekan wilayah, pihaknya juga sudah melakukan try out ke sejumlah pasar diantaranya pasar Rengat, pasar Belilas dan pasar Air Molek. Dengan harapan ketika dilakukan pendataan, masyarakat terutama pelaku ekonomi tidak merasa asing lagi.

 

Tidak itu saja, sebagai bentuk kesiapan melaksanakan sensus ekonomi ditandai dengan pelaksanaan apel siaga. “Berbagai kesiapan hingga sosialisasi sudah dilakukan dan tinggal pelaksanaan,” ungkapnya.

 

Untuk itu lanjutnya, ketika dilakukan turun lapangan kepada masing-masing petugas juga diharapkan tetap melakukan koordinasi dengan pemerintahan desa atau setingkat RT dan RW. Hal ini dilakukan agar petugas yang hadir langsung menjumpai masyarakat dapat dilayani dengan baik.

 

Memang sebutnya, koordinasi tentang pelaksanaan sensus ekonomi ini juga dilakukan dengan Pemkab Inhu hingga ke tingkat desa. Namun tidak tertutup kemungkinan, dalam prakteknya masih menemukan kendala-kendala. “Hendaknya semua pihak dapat mendukung program nasional yakni sensus ekonomi ini. Karena data yang diperoleh akan menentukan kebijakan ekonomi di masa mendatang,” terangnya.*sry


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved