DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Akhirnya Jokowi Datang ke Riau, Lihat Bekas Karlahut di Rimbo Panjang

Editor : Jumat,09 Oktober 2015 | 08:03:00 WIB
Akhirnya Jokowi Datang ke Riau, Lihat Bekas Karlahut di Rimbo Panjang Ket Foto : Presiden Joko Widodo bersama rombongan meninjau bekas kebakaran lahan di Rimbo Panjang Kabupaten Kampar

PELITARIAU, Pekanbaru- Presiden Repibli Indonesia (RI) Ir Joko Widodo (Jokowi) menepati janjinya untuk berkunjung ke Provinsi Riau melihat secara langsung Kebakaran lahan dan hutan, Jokowi mendatangi bekas Karlahut di rimbo panjang Kabupaten Kampar-Riau.

Jokowi tiba di lokasi bekas Karlahut sekitar pukul 16.00 WIB Jum,at (9/10), sebelumnya bersama Rombongan kepresidenan melaksanakan Sholat jum'at di Islamik Centre Kota Bangkinang.

Sesampainya tiba di lokasi bekas kebakaran di rimbo panjaang Presiden Jokow langsung memantau embung-embung dan skat kanal di area bekas kebakaran di Rimbo Panjang.

Terlihat bersama rombongan Mentri Kesehatan Nilla F Moeloek dan Mentri LHK Siti Nurbaya Bakar serta Forkompinda, Jokowi menyusuri jalan yang bergambut menuju lokasi embung dan skat kanal.

"Untuk jangka panjang yang betul memang, dengan cara bloking kanal," ujar Jokowi disela kunjungannya.

Sambungnya lagi, karena lahan gambut Karlahut di Riau berbeda penanganannya dengan lahan mineral, butuh penanganan khusus sebab dengan kondisi tidak berasap di dalam lahan gambut masih ada api "Meski apinya sudah padam, tapi api masih menyebar di bawah tanah," ungkapnya.

Namun Bloking kanal ini pembuatannya perlu waktu, tapi hal ini sudah di mulai. Baik itu, di Riau, Sumsel maupun di Kalimantan. "Target yang kami tentukan selama dua minggu untuk pemadaman api, mudah-mudahan nanti kurang dari waktu yang telah di targetkan," harap Jokowi.

Sementara itu, pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan pihaknya berterimakasih presiden bisa menyempatkan singgah di Riau. "Alhamdulillah beliau bisamelihat langsung kondisi Riau saat ini, beliau telah mengakui Riau sudah mampu mengatasi titik api," ujarnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kemen-LHK, jumlah lahan yang terbakar di di Kalimantan dan Sumatra sejauh ini mencapai 1,7 juta Hektar Area.**osp/hf


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved