DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Faperta UIR Magangkan 182 Mahasiswa ke Pemerintah dan Swasta

Editor :Bambang S Senin,24 Agustus 2020 | 19:16:13 WIB
Faperta UIR Magangkan 182 Mahasiswa ke Pemerintah dan Swasta Ket Foto : Mahasiswa Faperta UIR yang sedang mengikuti program magang di Pusat Penelitian Kelapa Sawit Marihat, Sumatera Utara. Foto : ist

PELITARIAU, Pekanbaru - Fakultas Pertanian Universitas Islam Riau mengirim 182 mahasiswa mengikuti Praktek Kerja Lapangan atau magang ke sejumlah instansi pemerintah dan perusahaan perkebunan swasta. Juga ke UPT UIR. Mereka berasal dari Program Studi Agroteknologi dan Agribisnis yang telah mengikuti kuliah hingga semester VII pada tahun akademik 2020/2021.

Menurut Wakil Dekan III Dr Ujang Paman, diantara tempat magang tersebut adalah PT Perkebunan Nusantara V, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), PT Indah Kiat dan perusahaan perkebunan di Sumatera Utara serta Sumatera Barat. Seperti Pusat Penelitian Kelapa Sawit Marihat, Balai Penelitian Tanaman Buah Tropis Indonesia di Solok.


Khusus instansi pemerintah, mahasiswa dimagangkan ke Badan Pengkajian Teknologi Petanian Riau, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau, Dinas Perkebunan Kabupaten Pelalawan, Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Rokan Hilir, serta Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Raya Kahean Kabupaten Simalungun Sumatera Barat.


'Ada juga yang kita magangkan di Unit Pertanian Terpadu binaan Fakultas Pertanian UIR. UPT ini mengajarkan pelatihan pertanian modern dengan teknologi Smart Farming untuk masyarakat perkotaan (Urban Farming),'' kata Ujang Paman di Kampus UIR melalui relis yang dikirim Humas UIR Senin sore (24/08 2020).


Kegiatan PKL/Magang merupakan program rutin Faperta setiap tahun khususnya bagi mahasiswa yang sudah duduk di semester VII. Proses pemagangan berlangsung selama 1–3 bulan sesuai kurikulum program studi.


Ujang Paman menyebut, pemagangan bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar mereka mampu berkompetisi dengan lulusan Fakultas Pertanian lainnya baik di dalam maupun di luar negeri.


Pengiriman mahasiswa magang ke perusahaan-perusahaan itu juga realisasi dari kerjasama UIR dengan perusahaan. ''Tahun ini agak beda dengan tahun lalu. Biasanya mahasiswa kita kirim sampai ke Pulau Jawa bahkan ke luar negeri. Tahun ini karena kita sedang menghadapi corona, magang hanya ke Sumut, Sumbar dan Pekanbaru,'' tambah Ujang Paman.


Ia berharap, pemagangan dapat menambah wawasan serta pengetahuan mahasiswa, yakni memiliki kompetensi untuk berkompitisi dengan tenaga kerja lain. Syukur-syukur mereka bisa menciptakan lapangan kerja sendiri. **prc4


sumber: berazam


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved