DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Beredar Isu Jual Beli Seritifikat Prestasi untuk PPDB, Ini Tanggapan Disdik Riau

Editor :Bambang S Jumat,26 Juni 2020 | 13:24:57 WIB
Beredar Isu Jual Beli Seritifikat Prestasi untuk PPDB, Ini Tanggapan Disdik Riau Ket Foto : Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram

PELITARIAU, Pekanbaru - Beredar isu jual beli sertifikat prestasi untuk menaikan nilai di jalur prestasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Pekanbaru.

Sertifikat prestasi tersebut disebut-sebut dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta salah satu universitas di Riau.


Isu itu mencul setelah salah satu siswa SMPN 1 Pekanbaru inisial DP mendaftar jalur prestasi di SMAN 1 Pekanbaru dengan melampirkan sertifikat prestasi. Padahal DP tidak mengikuti perlombaan saat duduk di bangku SMP, apalagi juara.


Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Riau, Zul Ikram meminta Kepala SMAN 1 Pekanbaru


menindaklanjuti isu yang meresahkan masyarakat itu, dengan merujuk petunjuk teknis (Jukni) PPDB.


"Dalam Juknis itu ada surat pernyataan siswa, dimana segala data yang dientri dalam formulir PPDB online adalah benar dan sah. Kalau ternyata dikemudian hari ditemukan data atau dokumen yang diunggah palsu, maka siswa itu bisa dikenakan sanksi didiskualifikasi di sekolah yang didaftar, dan diproses secara hukum sesuai ketentuan yang berlaku," terangnya.


"Jadi tidak main-main. Surat pernyataan itu ditandatangani menggunakan materai 6.000 oleh orang tua wali," sambung Zul Ikram.


Sementara itu, Kepala SMAN 1 Pekanbaru, Wan Roswita mengatakan bahwa sekolah tidak ada kapasitas menilai asli atau tidak asli. Pihaknya melakukan verifikasi sertifikat yang dilampirkan.


"Tapi kalau ternyata masyarakat tahu ada sertifikat palsu yang dilampir saat daftar PPDB online, tolong kejar yang mengeluarkan sertifikat, dan laporkan ke kami. Karena pihak sekolah hanya menerima, seperti KK dan Suket, kita bilang itu tidak sah sementara itu yang mengeluarkan lurah," terangnya.


"Sama juga dengan piagam atau sertifikat, instansi mana yang mengeluarkan? Kalau laporan masyarakat bisa membenarkan bahwa sertifikat itu palsu, maka kita buktikan sama-sama. Kan waktu pendaftaran ada melampirkan keabsahan dokumen sesuai juknis," tukasnya. Amin. **prc4


sumber: cakaplah


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved