DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemdes Alahan Gelar Penjaringan Terbuka Calon Sekdes

Editor :Levis Gian Kamis,22 Agustus 2019 | 15:05:09 WIB
Pemdes Alahan Gelar Penjaringan Terbuka Calon Sekdes Ket Foto : 3 peserta calon Sekdes (1 wanita dan 2 pria) yang dinyatakan lulus seleksi berkas, dan dinyatakan dapat mengikuti ujian selanjutnya

PELITARIAU, Rohul - Untuk mengisi kekosongan posisi Sekretaris Desa (Sekdes), Pemerintah Desa Alahan, Kecamatan Rokan IV Koto, Kabupaten Rokan Hulu menggelar penjaringan terbuka calon Sekdes.

Ketua Panitia Penjaringan, Ahmad Kurniawan kepada wartawan, Kamis (22/8/2019) menerangkan, penjaringan Sekdes ini kali pertama dilaksanakan. Tujuan untuk mengisi kekosongan posisi Sekdes, paska terpilihnya Sekdes yang lama menjadi Kepala Desa Alahan. 

"Paska terpilihnya pak Heri Susanto sebagai Kades Alahan, posisi Sekdes ini kosong, sebab itu kami membentuk panitia penjaringan calon Sekdes," sebut Ahmad.

Setelah dilakukan tahapan pengumuman dan pembukaan pendaftaran pada 1 Agustus kemarin, ada 3 peserta calon Sekdes (1 wanita dan 2 pria) yang dinyatakan lulus seleksi berkas, dan dinyatakan dapat mengikuti ujian. Ketiga peserta antara lain, Jumiati SPdI, Zulhendro SaP, M Rafhi SIP.

Adapun tes yang dilakukan terhadap ketiga calon Sekdes ini mulai dari tes tertulis, tes wawancara terakhir tes kemampuan komputer. "Untuk soal ujian tes tertulis itu berasal dari kabupaten, sedangkan yang penguji tes wawancara langsung oleh pak Camat," kata AK lagi menyebut bahwa pengumuman peserta  lulus langsung diumumkan pada hari itu juga.

Selain jajaran panitia penjaringan tampak hadir pada kesempatan itu, Camat Rokan IV Koto, Drs Muhammad Abror, perwakilan Dinas PMPD Rohul, Mukhlis SE, Kepala Desa Alahan Heri Susanto dan Ketua BPD Nelson Kampora beserta sejumlah perangkat desa lainnya. 

Sementara Kades Alahan, Heri Susanto menerangkan, meski baru kali pertama dilakukan, penjaringan terbuka calon Sekdes di desa itu memunculkan calon-calon yang berkualitas. Ia berharap, siapa pun nanti yang terpilih diantara ketiga calon. Sekdes terpilih bisa sejalan dan mendukung visi-misi kepala desa. 

"Alhamdulillah, meski pertama dilakukan, penjaringan ini bisa berjalan aman, tertib dan lancar. Dan paling penting bagi kami, ketiga calon Sekdes ini adalah putra/i terbaik Desa Alahan yang memiliki kualitas untuk memajukan desa lebih baik kedepan," sebut Kades.

Heri menyebutkan, suksesnya penjaringan  terbuka mulai dari RT, RW, LPMD hingga Sekdes. Itu menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Alahan mampu menunjukkan pemerintahan desa yang transparan baik program pembangunan sampai perangkat desa sendiri.

Dalam pada itu, Camat Rokan IV Koto Drs Muhammad Abror menyambut baik proses penyaringan dan penjaringan Sekdes di Desa Alahan tersebut yang dinilai sudah transparan sesuai peraturan yang berlaku. 

"Saya sudah melihat berkas yang masuk. Ketiga calon memiliki latar pendidikan sarjana. Dan kami tadi juga sudah mewawancarai ketiga peserta. 

Kata Camat, ada beberapa fokus pertanyaan yang diajukan kepada para calon. Seperti kecakapannya dalam berpidato, wawasan dan pengalamannya di bidang pemerintahan. 

"Karena kami sendiri berasal dari pemerintahan jadi pertanyaan yang kita ajukan lebih kepada wawasan dan pengalaman si calon di bidang pemerintahan. Kemudian, kecakapan dalam berpidato, ini dianggap penting. Sebab Sekdes ini sewaktu-waktu acara bisa mewakili Kades," sebut Camat. **Rahmat


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved