DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Ribuan Warga Tionghoa Bagansiapiapi Laksanakan Sembahyang Sayur

Editor : Minggu,18 Oktober 2015 | 07:28:00 WIB
Ribuan Warga Tionghoa Bagansiapiapi Laksanakan Sembahyang Sayur Ket Foto : Ketua Yayasan Vihara Buddha Kirti Awi Oliong menyerahkan piagam penghargaan kepada pengurus dan donatur pembangunan asrama Vihara Kirti pada saat acara peresmian

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Ribuan warga tionghoa Bagansiapiapi melaksanakan sembahyang sayur bertempat di Vihara Buddha Kirti Bagansiapiapi Jalan pahlawan Bagansiapiapi. Selain masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi sembahyang sayur juga dilaksanakan dari luar negeri dan dalam negeri.

Menurut ketua Vihara Awi Oliong saat itu dirinya turut didampingi pengurus yang lain, sembahyang sayur dijalankan juga untuk sosial budaya, sembahyang sayur juga diisi dengan kegiatan sosial dengan memberi makan kepada fakir miskin, anak yatim.

"Kita laksanakan selama sembilan hari, ini sudah hari kelima (kemaren-red). Selain itu tiap tahun kita beri santunan di yayasan Ujang Khalijah Bagan Hulu, setahun  tidak kurang 1 ton beras, minyak goreng,gula,semuanya dari donatur,mereka para penyuumbang. Dari Bagansiapiapi, dari luar, Panipahan, Pulau Halang, Sinaboi, Sungai Bakau, Sungai Nyamuk, dari Jakarta, Pekanbaru, Dumai, Semarang, Surabaya," jelas Awi Oliong.

Dikatakan Awi Oling sembahyang sayur salah satu, sejarah semasa Dinasti Cin. "Dia tu basmi tempat ibadah, hancurkan tempat ibadah la. Sembilan dewa menolong, ada satu ketua shaolin, juga mau dihangusin, seluruh lapisan masyarakat China tu berkumpul, berkabunglah pada saat itu, baju putih, celana putih, makan vegetarian( Tidak mengandung daging-red), boleh dikatakan sembilan hari ini, bulan suci, makanya tiap tahun turun temurun,"katanya dengan logat Cina.***zi

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved