DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kemenkumham Buka Pendaftaran Verifikasi Parpol untuk Pemilu 2019

Editor :Rio Ahmad Selasa,24 Mei 2016 | 12:37:38 WIB
Kemenkumham Buka Pendaftaran Verifikasi Parpol untuk Pemilu 2019 Ket Foto : Pembukaan Pendaftaran parpol baru

PELITARIAU, Jakarta – Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) resmi membuka pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) menjadi badan hukum untuk Pemilu serentak 2019.

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, verifikasi parpol untuk Pemilu 2019 harus dilakukan paling lambat dua setengah tahun sebelum pelaksanaan Pemilu.

Hal itu sesuai dengan amanat Pasal 51 ayat 1a Undang Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik yang  terakhir diubah dengan Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor: 35/PUU-lX/2011.

"Paling lambat tahun ini verifikasi itu harus dilakukan oleh Kemenkumham kepada para parpol," ujar Yasonna di Gedung Pengayoman, Kemenkumham, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa 24 Mei 2016.

Yasonna menerangkan, tahapan verifikasi parpol akan dibagi menjadi dua tahap. Pertama, verifikasi administrasi yaitu verifikasi dokumen yang disampaikan partai politik. Kedua, verifikasi faktual yaitu melakukan survei langsung ke kantor DPP, DPD Tingkat I dan II serta kecamatan.

"Keduanya guna memastikan kebenaran data fisik dengan data lapangan dan kemudian disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang diatur dalam Undang-undang," ujar Yasonna sebagaimana diberitakan viva.co.id

Keharusan verifikasi itu sesuai dengan Undang-undang  Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik dan Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomr 37 tentang Tata Cara Pendirian Badan Hukum, Perubahan AD/ART serta Pergantian Kepengurusan Partai Politik.

Oleh karena itu mulai hari ini, Selasa tanggal 24 Mei hingga 29 Juli 2016 mendatang, Kemenkumham mengundang partai politik yang belum berbadan hukum untuk segera mendaftarkan diri agar bisa diverifikasi.

Pendaftaran ditujukan kepada Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dengan melampirkan dokumen verifikasi sesuai dengan Pasal 3 ayat (1) dan ayat (2) Undang Undang Nomor 2 Tahun 2011 tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 2 Tahun 2008 tentang Partai Politik.**


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved