DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Jumlah Hewan Kurban Inhu Diperkirakan 1.600 Ekor

Editor : Minggu,28 September 2014 | 18:41:55 WIB
Jumlah Hewan Kurban Inhu Diperkirakan 1.600 Ekor Ket Foto : hewan kurban

PELITARIAU, Rengat-Jumlah hewan kurban Inhu tahun 2014 ini diperkirakan mencapai 1.600 ekor. Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya sekitar 1.500 ekor.

 

Berdasarkan asumsi tersebut Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) menjamin ketersediaan hewan qurban untuk kebutuhan hari Raya Idul Adha tahun ini. Bahkan ketersediaan hewan qurban di Kabupaten Inhu masih bisa untuk memasok kebutuhan kabupaten tetangga.

 

“Berdasarkan hasil survei dilapangan, ketersedian hewan qurban masih mencukupi untuk kebutuhan qurban. Sehingga kepada masyarakat yang akan membutuhkan hewan qurban tidak perlu khawatir,” ujar Kadisnakan Inhu Drs H Muhammad Sadar didampingi Kabid Peternakan dan Perikanan  Jebul Suharto, kepada wartawan.

 

Dijelaskan Jebul, kebutuhan hewan qurban untuk tahun ini diperkirakan akan mengalami peningkatan dibanding tahun lalu. Hanya saja, peningkatan yang terjadi tidak akan terlalu signifikan. Sebab tahun lalu kebutuhan hewan qurban di Kabupaten Inhu mencapai 1.500 ekor dan tahun ini diperkirakan sekitar 1.600 ekor.

 

Dari jumlah tersebut, berdasarkan survei disejumlah peternakan dan pedagang hewan qurban masih tergolong cukup bahkan masih mampu untuk memasok kebutuhan hewan qurban disejumlah daerah diluar Kabupaten Inhu.

 

“Seperti pada tahun lalu, sejumlah daerah di Kabupaten Inhil, Pekanbaru hingga sejumlah daerah di Sumatera Barat juga ada yang membeli hewan qurban dari Kabupaten Inhu,” ujarnya.          

Ditambahkannya, Disnakan akan terus melakukan pemantauan dan pemeriksaan terhadap kondisi kesehatan hewan qurban yang ada di Kabupaten Inhu. Dari hasil pemeriksaan yang telah dilakukan pada beberapa tempat, belum ada ditemukan hewan qurban yang sakit ataupun cacat.(cr. rio)

 

Editorial: Rio Ahmad


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved