DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemkab Meranti selenggarakan Forum SKPD Tahun 2016

Editor : Jumat,15 April 2016 | 09:47:48 WIB
Pemkab Meranti selenggarakan Forum SKPD Tahun 2016 Ket Foto : Bupati Meranti H Irwan, saat membuka Forum SKPD Meranti Tahun 2016

PELITARIAU, Selatpanjang- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti menyelenggarakan Forum Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2016, yang berlangsung di Ballroom Afifa Sport jalan banglas Selatpanjang.

 
Pembukaan Forum SKPD Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2016 ini di buka langsung oleh Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Irwan MSi. Dalam arahannya, ia mengatakan penyusunan usulan–usulan SKPD tahun sebelumnya sangat berbeda dengan tahun 2016 ini.
 
Instruksi dari Presiden RI Jokowi, agar kita sekarang ini menerapkan “Money of Program” artinya anggaran tersebut harus sesuai dengan program yang matang dan akuntabel.
 
"Begitu juga proses perencanaan harus partisipatif  yang merupakan proses perencanaan atas bawah (top down) dan bawah atas (bottom up) yang diselaraskan melalui musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) di tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi serta Nasional. Sehingga proses perencanaan pembangunan bisa tepat sasaran dan lebih baik lagi," kata Irwan, pada rabu(13/4).
 
Orang nomor satu di Kabupaten Kepulauan Meranti ini meminta kepada seluruh SKPD kedepannya untuk memberikan kontribusi dan ketajaman–ketajaman yang pasti dalam menyusun program-program yang bisa di handalkan.
 
"Kita sekarang ini mulai mengubah arah yang lebih baik lagi dalam penyusunan program–program yang langsung menyentuh masyarakat banyak. Justru itu, marilah kita bersatu padu bahu membahu agar kedepannya usulan–usulan masyarakat bisa terealisasi, Dengan cara setiap SKPD harus bisa melobi dan mencari dana baik dari APBD Provinsi Riau maupun APBN," jelasnya.
 
Irwan mengharapkan program setiap SKPD nantinya harus bisa mengutamakan kebutuhan dan kepentingan masyarakat banyak. "Semoga usulan–usulan dari
masyarakat tersebut bisa terwujud dan terealisasi," harap Irwan.
 
Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Meranti, M Azza Faroni mengatakan tujuan forum SKPD  ini untuk menyelaraskan usulan antara hasil-hasil musrenbang kecamatan dengan draf  rencana kerja (Renja–RKPD) serta memberikan kesempatan kepada kelompok sektoral untuk memberikan masukan dan usulan kegiatan yang di nilai mampu mengatasi persoalan yang ada di sektor tertentu.
 
Ditambahkannya, Forum SKPD ini ditujukan untuk melakukan sinergitas antara usulan kegiatan yang bersifat spasial dan usulan sektoral. Begitu juga adanya pendekatan politis, pendekatan demokratis, pendekatan partisipatif dan pendekatan terhadap  pembangunan pemberdayaan masyarakat.
 
"Sehingga penyusunan program ini bisa menampung berbagai aspirasi yang di sampaikan masyarakat sewaktu mengikuti musrenbang di setiap kecamatan dan SKPD harus melihat hasil musrenbang itu dan menjadikannya acuan sebagai arah dan prioritas pembangunan di tahun 2017 nantinya," paparnya.
 
Sekedar Informasi, peserta Forum SKPD berasal dari perwakilan masing-masing SKPD yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti. Serta acara kegiatan tersebut turut dihadiri Wakil Ketua DPRD Muzamil beserta Anggota, Sekda Meranti H Iqaruddin, Para Asisten, Staf Ahli, Para Kepala SKPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) se–Kabupaten Kepulauan Meranti.***

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved