DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Walau Air Bercampur Oli, Masyarakat Tetap Mencuci dan Mandi Gunakan Air Kuantan

Editor : Kamis,15 Oktober 2015 | 02:17:00 WIB
  Walau Air Bercampur Oli, Masyarakat Tetap Mencuci dan Mandi Gunakan Air Kuantan Ket Foto : Aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) di Sungai Kuantan

PELITARIAU, Telukkuantan- Keberadaan Sungai Kuantan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sangat tidak layak untuk mandi, mencuci pakaian dan minum. Sebab, kondisi air sungai tidak hanya keruh, melainkan bercampur oli yang berasal dari mesin dompeng aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

Kendati demikian, masyarakat yang tinggal di sepanjang Sungai Kuantan tetap menggunakannya sebagai tempat mandi dan mencuci pakaian.

"Mau bagaimana lagi, sumber air tidak ada. Semua sumur mengalami kekeringan," ujar Rani (32), salah seorang ibu rumah tangga di Kuansing kepada wartawan, Rabu (14/10) sore, mengemukakan alasan mandi di Kuantan.

Dikatakannya, musim kemarau sudah berlangsung sejak empat bulan lalu. Hal ini mengakibatkan habisnya sumber air bersih di sumur-sumur masyarakat.

"Caranya, kita harus membuat gelombang besar agar oli bisa hanyut. Kalau air keruh, tak masalah, olinya yang gawat, kadang nempel di badan," tutur Rani yang mengetahui Sungai Kuantan tercemar.

Secara terpisah, Munir (45) juga menyatakan hal yang sama. Dimana, ia tetap memanfaatkan Sungai Kuantan untuk mendapatkan air.

Menurutnya, keberadaan dompeng sangat menyengsarakan masyarakat dan hanya sekelompok orang yang mendapatkan keuntungan.

"Bagi kita, Kuantan ini tak ubahnya seperi ibu bapak, tempat kita mengadu. Kini, sungai yang kita eluk-elukkan sudah hancur dirusak tangan-tangan tak bertanggungjawab," kata Munir.

Dari pantauan pelitariau.com, warga yang mandi berada di lubang bekas galian dompeng. Kedalamannya mencapai 10 hingga 15 meter. Kondisi air sungai yang surut menampakkan tumpukan pasir yang diakibatkan PETI.***Mw


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved