DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bawaslu Riau Ajak Pelajar Rohil Mengawasi Jalannya Pilkada.

Editor :Rio Ahmad Kamis,08 Oktober 2015 | 10:48:13 WIB
Bawaslu Riau Ajak Pelajar Rohil Mengawasi Jalannya Pilkada. Ket Foto : Pelajar Rohil usai mengikuti sosialisasi pilkada

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau bersama Panitia Pengawas Pemilu (Pawaslu) Kabupaten Rohil, menggelar sosialisasi implementasi pendidikan pengawasan Pemilu dan partisipatif bagi para pelajar (pemilih pemula) di aula kantor LAM Kecamatan Bagansinembah, Rabu (7/10). Pada saat iru Bawaslu Riau mengajar para pelajar di Rohil mengawasi jalannya Pilkada.

Dalam acara tersebut turut dihadiri, Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu ) Provinsi Riau Edy Syarifuddin, Anggota Panwaslu Rohil Datuk Zulhidayat SA,g, Panwascam Bagansinembah, serta para pelajar SMA,MA maupun SMK yang berada di Kecamatan Bagansinembah.

“Diharapkan, kegiatan ini dapat menginspirasi para pelajar untuk berperan aktif menyukseskan pelaksanaan pilkada 2015 melalui pengawasan partisipatif berbasis pelajar,” kata Edy saat berdialog bersama ratusan pelajar SMA.

Melalui implementasi pendidikan pengawasan partisipatif dalam bentuk kegiatan sosialisasi ke pemilih pemula, Bawaslu Provinsi Riau berupaya menggerakkan para pelajar agar mampu mendeteksi bentuk-bentuk pelanggaran, sehingga pada saat menemui pelanggaran dapat memberikan laporan ke Pengawas Pemilu di setiap tingkatan.

Terkait tahapan kampanye yang sedang berjalan, Edy mencontohkan kasus yang termasuk pelanggaran, “Sekarang ini aturan kampanye sudah berubah, dulu Alat Peraga Kampanye (APK) Partai yang buat, sekarang dibuatkan KPU, jika adik-adik mendapati Bapak atau Paman memasang APK dirumah yang dibuat sendiri bukan dari KPU, apakah diperbolehkan.

Tidak hanya itu, Edy juga menyampaikan tetang tahapan kampaye yang di larang oleh Bawaslu RI, sudah tidak zaman kampaye hitam masih di lakukan pasangan calon, untuk mengait hati para masyarakat. Terkadang pasangan calon memberikan berbentuk, sembako maupun duit.

“Itu tidak boleh , sudah melangar aturan dari Bawaslu. Kepada adik-adik pelajar kalau ada pasangan calon yang memberikan sesuatu tolong di sampaikan kepada panwas, kalau adik berada di kecamatan, laporkan di Panwascam masing-masing,”harapnya (jar)


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved