DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Indonesia Peringkat ke 6 Sebagai Pengimpor Kopi ke AS

Editor : Jumat,03 April 2015 | 11:25:20 WIB
 Indonesia Peringkat ke 6 Sebagai Pengimpor Kopi ke AS Ket Foto : internet

PELITARIAU, Jakarta - Atase Perdagangan RI di luar negeri bertekad menggenjot peningkatan ekspor Kopi Indonesia. Kali ini Atase Perdagangan RI di Washington DC, Amerika Serikat (AS), Ni Made Ayu Marthini mewujudkan dengan mendukung keikutsertaan Indonesia dalam pameran Speciality Coffee Association of America (SCAA) yang akan berlangsung pada 9-12 April 2015, di Seattle, Washington State, AS.

“Pameran SCAA adalah salah satu wadah promosi kopi yang efektif di AS. Berdasarkan data dari U.S. Department of Commerce, Bureau of Census , impor kopi (HS 0901) AS dari Indonesia pada periode Januari-Desember 2014 mencapai USD323,10 juta atau naik 11,29 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013 yang sebesar USD290,34 juta,” ucap pada keterangan tertulisnya, Jumat (3/4/2015).

Menurut data, impor kopi AS dari dunia untuk periode Januari-Desember 2014 sebesar USD5,88 miliar atau meningkat 10,46 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2013. Saat ini Indonesia berada di peringkat ke-6 sebagai negara pengimpor kopi ke AS dengan pangsa pasar sebesar 5,49 persen.

Posisi Indonesia berada di bawah Brasil (22,80 persen), Kolombia (19,79 persen), Vietnam (8,48 persen), Kanada (6,56 persen), dan Guatemala (6,13 persen). Indonesia naik satu peringkat tahun ini dibandingkan tahun lalu (2014/2013).

“Peningkatan nilai ekspor tersebut cermin keberhasilan pameran tahun sebelumnya,” katanya.

Rencananya, Indonesia akan menghadirkan 39 jenis kopi spesial yang berasal dari Sumatera, Jawa dan Jawa Barat, Bali, Sulawesi, Flores, serta Papua ke SCAA. Dari 39 jenis kopi tersebut, akan dipilih sembilan jenis kopi spesial terbaik untuk disajikan setiap hari ke pengunjung, yaitu Flores Arabica Manggarai, West Java Arabica Preanger ‘Malabar Mountain’, Sulawesi Arabica Toraja ‘Toarco-PB’, Sumatera Arabica Wahana Natural, Flores Arabica ‘Blue Flores’, Bali Arabica ‘Kintamani Natural’, Sumatera Arabica ‘Lintong Boemi Coffee’, Sumatera Arabica ‘Solok Minang’, dan Sumatera Arabica Gayo ‘Retro’.

Made mengungkapkan, selama pameran akan dilakukan coffee cupping untuk menilai kualitas dan cita rasa kopi spesial Indonesia.

“Kami berencana mengajak para roaster, importir, atau buyers lainnya yang hadir di SCAA tahun ini untuk berpartisipasi dalam kegiatan coffee cupping ini,” tukasnya***

 

Sumber: Okezone

Editor: Ramdana

 


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved