DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

BI Gandeng Kabupaten Meranti Kembangkan Kluster Sagu

Editor : Sabtu,21 Maret 2015 | 21:46:48 WIB
BI Gandeng Kabupaten Meranti Kembangkan Kluster Sagu Ket Foto : Bupati Irwan Nasir tengah menanda tangani berkas

PELITARIAU, Pekanbaru - Bank Indonesia lakukan nota Memorandum of Understanding (MoU) dengan dengan Kabupaten Kepulauan Meranti untuk kluster tanaman sagu.
 
Kepala Bank Indonesia Perwakilan Riau Mahdi Muhammad mengatakan pihaknya sengaja mengandeng pemerintah daerah untuk mengembangkan kluster komoditas pangan.
 
"Pengembangan komoditas pangan mulai dari produksi distribusi hingga konsumsi kerap menjadi masalah, dan bank sentral ingin mengambil peran untuk selesaikan masalah tersebut," ujarnya.

Menurut Mahdi, Indoesia masih bergantung pada komoditas pangan padi atau beras, padahal produksinya bergantung musim tertentu. Padahal Riau menyimpan potensi komoditas pangan pengganti beras. Yaitu sagu yang telah lama dikembangkan di Pulau Meranti.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Meranti, Irwan Nasir, dengan penanaman bibit unggul sagu inimaka perlu di lakukan pembibitan unggul, terhadap tanaman sagu yang ada di seluruh wilayah Kepulauan Meranti.

‘’Dengan begitu nantinya produksi hasil sagu kita akan lebih baik dan meningkat,’’ ungkap Irwan.

Menurut Irwan,  untuk pengembangan ke depan, supaya lebih seragam seluruh kebun sagu unggul di Meranti. Untuk pengembangannya juga direncanakan akan dibuat kebun induk untuk pengembangan pembibitan unggul ini seluas 10 hektare.

‘’Kita akan lakukan pembudidayaan bibit unggul sagu ini seluas 10 hektare. Setelah itu baru kita kembangkan ke seluruh kebun sagu yang ada di Kepulauan Meranti yang kita targetkan nantinya mencapai 100 ribu hektare,’’ ujar Irwan optimis.

Disebutkannya, saat ini total kebun sagu yang ada di seluruh wilayah Kepulauan Meranti, seluas 51 ribu hektare. Jumlah itu sudah gabungan dari kebun sagu yang saat ini akan dikelola perusahaan Sampurna Agro dan kebun sagu milik masyarakat.

‘’Sehingga, dalam upaya meningkatkan hasil sagu dan menjadikan potensi sagu ini menjadi unggulan nasional bisa berjalan dengan baik. Tentunya itu semua bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kepulauan Meranti,’’ terangnya.

 

Penulis: Doni Ruby Saputra
Editor  :rio
Sumber: Humas Meranti


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved