DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pilkada Inhu 2020, Ternyata 76 Kertas Suara di Desa Ringin di Sobek KPPS

Editor :Yudha Rabu,16 Desember 2020 | 02:47:00 WIB
Pilkada Inhu 2020, Ternyata 76 Kertas Suara di Desa Ringin di Sobek KPPS Ket Foto : Berita acara telah terjadi pengrusakan 76 kertas suara di Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal

PELITARIAU, Inhu - Berdasarkan berita acara yang tidak sesuai format Komisi Pemilihan Umum (KPU) dituliskan ada 76 lembar kerusakan kertas suara yang disobek oleh petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Ringin Kecamatan Batang Gansal tepatnya di TPS III.

Berdasarkan berita acara yang dibuat Rabu (9/12/2020) dihari pencoblosan, tentang pengrusakan kertas suara oleh KPPS yang sudah disobek tersebut, terlihat tidak dibubuhi oleh Pengapas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) setempat serta berita acara dibuat tidak sesuai C2 Keberatan.

Sekretaris koalisi Keumatan Inhu Bangkit dan Sejahtera, Muhammad Syafaat Selasa (15/12/2020) menyampaikan keberatan atas pengrusakan kertas suara yang dilakukan oleh KPPS di Desa Ringin, keberatannya dilaporkan resmi ke Bawaslu Inhu.

"Kami minta Bawaslu serius memproses seluruh laporan yang kami sampaikan ke Bawaslu," kata Syafaat.

Sesuai dengan ketentuan hukum, undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala daerah pasal 198A kasus 19 berbunyi, merusak, mengganggu, mendistorsi sistim penghitungan suara diancam dengan pidana penjara 5 sampai 10 tahun dan denda Rp2,5 milyar sampai dengan Rp5 milyar. **Prc


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved