DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Siapkan Masterplan Ketahanan Pangan, Pemko Pekanbaru Tiru Sumbar

Editor :Bambang S Selasa,14 Juli 2020 | 12:00:04 WIB
Siapkan Masterplan Ketahanan Pangan, Pemko Pekanbaru Tiru Sumbar Ket Foto : Kepala DKP Kota Pekanbaru Alek Kurniawan.

PELITARIAU, Pekanbaru - Pemerintah Kota (Pemko) melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menyiapkan masterplan ketahanan pangan Pekanbaru. Ke depan, wilayah sentra pertanian ataupun perkebunan dapat dipetakan.

"Sekarang kita sedang menyiapkan masterplan ketahanan pangan untuk Kota Pekanbaru. Jadi nanti akan terpetakan di mana sentra dan klaster produksi pangannya," kata Kepala DKP Kota Pekanbaru Alek Kurniawan, Selasa (14/7/2020).


Lanjutnya, Seperti di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir dan Tenayan Raya masih banyak lahan kosong, dan juga ada sentra-sentra peternakan, perkebunan, serta perikanan. Nantinya, akan dipetakan berapa data real sentra-sentra itu untuk rencana Pemko ke depan.


"Nantikan mungkin ada Industri Kecil Menengah (IKM) ini kita petakan. Nantikan kalau misalnya daerah itu produksi ubi pertaniannya, nanti diolah disitu. Kita berharap seperti di daerah Sumatra Barat (Sumbar)," jelasnya.


Ia mencontohkan, di Sumatera Barat, sebelum masuk Bukit Tinggi ada sentra jagung. Di sana berbagai olahan jagung diproduksi sampai beberapa turunan, misalnya perkedel, jagung rebus, bubur dan lainnya.


"Jadi dari masterplan ini kita harapkan ada data yang menunjang ketahanan pangan di mana sentra produksi, pengolahan, dan di mana daerah-daerah distribusinya. Insya Allah ketahanan pangan itu bisa tersedia untuk kita," jelasnya. **prc4


sumber: cakaplah


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved