DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pemkab Meranti Perkenalkan Desain Batik Sagu

Editor : Senin,22 Desember 2014 | 07:33:28 WIB
 Pemkab Meranti Perkenalkan Desain Batik Sagu  Ket Foto : Tanaman sagu

 

PELITARIAU, Selatpanjang - Bertepatan dengan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-6, Pemerintah Kabupaten memperkenalkan desain Batik khas Kepulauan Meranti. Desain batik ini diberi nama Batik Sagu, hasil kajian bersama yang motori Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).


Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, bersama Ketua DPRD, Fauzi Hasan SE, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Z Pandra Arsyad SH MSi dan Ketua Dekranasda, Nirwanasari Irwan SE, memperkenalkan desain batik sagu itu usai Apel Hari Jadi Kepulauan Meranti, Jumat (19/12) kemarin.

Bupati Irwan mengatakan, desain batik khas Kepulauan Meranti tersebut akan menjadi kebanggaan daerah dan akan diprioritaskan penggunaannya oleh seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Kita akan sangat bangga mengenakan batik khas Kepulauan Meranti, untuk itu saya mencanangkan agar ini bisa diprioritaskan di setiap SKPD di lingkungan Pemkab terlebih dahulu, barulah nantinya disebarluaskan ke setiap komponen masyarakat," kata Bupati Irwan.

Menurut Bupati, keberadaan Batik Sagu sebagai desain batik khas Kabupaten Kepulauan Meranti, bisa dijadikan salah satu aspek dalam mendorong promosi dan kemajuan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti ke depannya.

"Sengaja dipajangkan dihadapan para peserta apel biar semua bisa melihat bahwa Kepulauan Meranti sudah punya desain batik sendiri. Ini sangat saya dukung, apalagi kita sudah dinobatkan sebagai pengelola sagu paling besar dan paling kreatif di Indonesia," ungkapnya.

Bupati Irwan juga berharap, Dekranasda Kepulauan Meranti sebagai inisiator pembuatan desain batik ini, bisa mengembangkan program batik berdesain sagu Kepulauan Meranti tersebut. Dikatakannya, Inovasi ini sangat diperlukan untuk memotivasi semua pihak. (kor. nto)

 

Editorial: rio ahmad


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved