DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Berhasil Kembangkan Potensi Pangan Lokal, Bupati Meranti Raih Tribune Pioner Award 2014

Editor : Jumat,19 Desember 2014 | 05:43:00 WIB
Berhasil Kembangkan Potensi Pangan Lokal, Bupati Meranti Raih Tribune Pioner Award 2014  Ket Foto : Bupati Kep. Meranti

PELITARIAU, Selatpanjang-Kesekian kalinya Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti, Drs. H. Irwan, M.si berhasil meraih penghargaan, kali ini Pioner Award 2014 dari Redaksi  Koran Harian Tribune Pekanbaru, penghargaan itu berkat kerja keras Bupati Kepulauan Meranti dan jajaran dalam mengembangkan produk pangan lokal khususnya sagu yang memiliki kwalitas terbaik di Indonesia.

 

Penyerahan penghargaan langsung dilakukan Plt Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Sekdaprov Riau H. Kasiarudin didampingi Pemred Tribune Pekanbaru, Dodi Sarjana dan diterima oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan  SDM, Bertempat di Hall Hotel Furaya Pekanbaru, Jum'at (19/12).

 

Turut hadir dalam acara tersebut, Bupati Siak H. Syamsuar, Walikota Pekanbaru H. Firdaus MT, Bupati Bengkalis H. Herlian Shaleh, Staf Ahli Bupati Meranti Bidang Kemasrakatan dan SDM Drs. H. M. Arif MM dan perwakilan Kabupaten Kota, serta Humas Perusahaan.


 

Dikatakan Pemred Tribune Pekanbaru, penghargaan yang diberikan didasari oleh keberhasil pemerintah Kabupaten dalam memanfaatkan berbagai potensi daerah untuk meningkatkan perekonomian  dan kesejahteraan masyarakat. Dan setelah dilakukan evaluasi serta survei oleh Tim Litbang Tribune Pekanbaru, Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti, dinilai berhasil melakukan terobosan yang dinamis dalam penguatan pangan lokal, dan mengantarkan Kabupaten termuda di Riau ini meraih Tribune Pioner Award 2014.

 

"Meski merupakan Kabupaten termuda namun sangat berhasil memberikan terobosan disektor pangan lokal, khususnya sagu menjadi beragam olahan produk andalan, turunan sagu yang berkwalitas terbaik di Indonesia itu juga di ekspor hingga ke manca negara,"ujar Pemred Tribune Pekanbaru.

 

Menyikapi hal itu Staf Ahli Bupati H. M. Arif MM, bersyukur dan berterima kasih karena berkat upaya Pemda Meranti yang progresif memperkenalkan dan mengambangkan produk pangan lokal ditingkat nasional dan internasional mengantarkan Pemda Meranti meraih Tribune Pioner Award 2014.


"Penghargaan ini akan menjadi pendorong semangat bagi Kabupaten Meranti untuk terus mengembangkan sagu sebagai produk pangan andalan bukan hanya ditingkat nasional tapi juga internasional,"ujar M. Arif.

 

Diceritakan Staf Ahli Bupati, M. Arif berkat keberhasilan Pemda mengembangkan potensi pangan lokal Sagu yang terbesar di Indonesia telah menarik perhatian berbagai daerah, salah satunya Provinsi Papua yang sengaja mendatangkan ahli perkebunanya untuk mempelajari bagaimana mengolah sagu. "Pemda Papua sengaja mendatangkan para peneliti dan ahli perkebunan untuk mempelajari bagaimana Meranti sampai berhasil mengambangkan sagu," jelas M. Arif, bahkan salah seorang warga Meranti yang tidak berpendidikan tinggi sengaja dibawa ke Papua untuk mengajarkan ilmunya berkebun sagu.

 

Mengikuti Kabupaten Meranti, Kota Pekanbaru juga meraih penghargaan Tribune Pioner Award 2014 disektor pengambangan sarana dan prasarana publik, Kabupaten Siak meraih Award di budang Pengembangan wisata budaya, Bengkalis Ppei bidang Pengembangan UKM dan IKM, Kabupaten Rokan Hulu di bidang Inovasi Peternakan, Kabupaten Inhu Transparansi Pemerintahan, dan Rohil Inovasi Pendidikan serta Pelalawan Kawasan Teknopolitan, Kuansing Pelestarian Tradisi Budaya, Kampar Budang Perikanan dan Pertanian dan terakhir Kota Dumai sebagai salah satu tujuan investasi.

 

Sekedar informasi Tribune Award 2014 merupakan penghargaan yang kesekian kalinya diraih oleh Bupati Kepulauan Meranti sebelumnya, berkat kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dan investor serta aparat penegak hukum dalam mencibtakan iklim investasi yang kondusif bagi pengusaha lokal dan non lokal di Kabupaten Kepulauan Meranti, Pemerintah Provinsi Riau memberikan anugrah Riau Investment Award Terbaik I kepada Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, Msi.

 

Dan juga berkat kerja keras Bupati Kepulauan Meranti dan jajaran membangun dan memperbaiki infrastruktur publik baik jalan, jembatan, listrik, kesehatan dan pendidikan hingga ke desa-desa mendapat penghargaan dari Sindo Weekly Magazine Government Award yang diserahkan langsung oleh CEO MNC Group Harry Tanoesudibyo bersama Mendagri Gamawan Fawzi, dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana di ballroom Grand Sahid Hotel, Jakarta. (Rls Humas Meranti/kor. nto).


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved