DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bersama Lawan Corona, Mahasiswa Kukerta UNRI Jadi Relawan di Desa Rantau Mapesai

Editor :Yudha Jumat,22 Mei 2020 | 13:41:18 WIB
Bersama Lawan Corona, Mahasiswa Kukerta UNRI Jadi Relawan di Desa Rantau Mapesai Ket Foto : Mahasiswa Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 di Desa Rantau Mapesai

PELITARIAU, Inhu - Mahasiswa Universitas Riau yang sedang melaksanakan Program Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Desa Lawan Covid-19 melakukan serangkaian kegiatan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Desa Rantau Mapesai, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Mahasiswa pelaksana Kukerta, Marwah Iwada (NIM : 1704113303) dari Jurusan Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Riau dengan Dosen Pembimbing Lapangan, Dr. rer. nat. Radith Mahatma, M. Si. mengatakan langkah tersebut diambil guna membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 ditengah-tengah masyarakat.

"Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan pengabdian melalui program yang diberi nama Kuliah Kerja Nyata Relawan Desa Lawan Covid-19.” Mahasiswa Kukerta Relawan Desa Lawan Covid-19 di Desa Rantau Mapesai, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka melawan wabah covid-19 di masa pandemi.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak tanggal 23 April 2020 lalu. Marwah Iwada menyebutkan kegiatan yang baru-baru ini dilakukan adalah memberikan sosialisasi Hidup Sehat dan Bersih saat Wabah Covid-19 ke masyarakat. Juga pembagian brosur mengenai (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) GERMAS yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk menjaga diri dan keluarga dari virus Corona, serta pembagian masker gratis kepada masyarakat upaya yang dilakukan agar terhindar dari penyebaran virus tersebut.

"Kemudian penyaluran paket sembako kepada warga desa yang terdampak wabah Covid-19. Paket sembako yang disalurkan berjumlah 40 paket tersebut merupakan bantuan dari Paguyuban Sosial Marga Tionghoa (PSMTI) Kabupaten Indragiri Hulu bersama Komunitas Tionghoa Peduli Covid-19. Penyaluran paket sembako tersebut dilakukan setelah pembagian kupon kepada warga yang berhak mendapatkannya.

Kegiatan tersebut dilakukan pada tanggal 27-28 April 2020 lalu. Penyaluran paket sembako ini sebagai salah satu langkah untuk membantu masyarakat yang terdampak wabah Covid-19 dalam memenuhi kebutuhan pangan, selain itu juga dilakukan Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp. 600.000 kepada warga yang terdampak wabah Covid-19. Penyaluran ini bertempat di Kantor Pos Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri Hulu pada hari Jumat, 8 Mei 2020 kemarin,” kata Marwah.

Ia berharap lewat kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi terhadap masyarakat dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sementara Kepala Desa Rantau Mapesai, Arsyad Abdullah mengaku sangat berterimakasih atas kerjasama yang dilakukan Mahasiswa Kukerta tersebut dalam tim Satgas desa untuk mencegah penyebaran Covid-19 di daerah itu.

"Kami sangat menyambut positif keberadaan Mahasiswa kukerta khususnya Marwah Iwada dari Universitas Riau di desa ini. Hal ini dinilai turut berperan serta membantu pemerintah Desa untuk melakukan kegiatan kerelawanan untuk menekan penyebaran virus corona di tengah-tengah masyarakat," ungkap Arsyad Abdullah. **Prc1


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved