DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Babinsa, Sertu Darul Rasyid Kerja Bakti Bangun Mosholla Dengan Warga Pasir Ringgit

Editor :Fauzi Minggu,09 Februari 2020 | 12:59:16 WIB
Babinsa, Sertu Darul Rasyid Kerja Bakti Bangun Mosholla Dengan Warga Pasir Ringgit Ket Foto : Foto Babinsa Lagi Musyawarah Dengan Warga Sebelum Dilakukan Goro

PELITARIAU, Inhu - Babinsa kepanjangan dari Bintara Pembina Desa TNI AD merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan langsung dengan masyarakat.

Dia berada di bawah Komando Rayon Militer (Koramil) bagian dari Komando Distrik Militer (Kodim) dan Komando Resor Militer (Korem), yang menginduk pada Komando Daerah Militer (Kodam).


Seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) memiliki wilayah operasi yang luasannya bervariasi, dari cuma satu desa hingga beberapa Desa.

Dia juga bisa punya asisten yang adalah tamtama TNI AD, sesuai dengan keperluan dan situasi kondisi nyata setempat.

Bintara-bintara Pembina Desa (Babinsa) meski dulunya kurang mendapat “tempat” alias kurang dikenal karena begitu banyak satuan-satuan TNI AD, namun saat ini peran Babinsa mulai dikenal oleh masyarakat karena perannya sangat penting dalam berbagai persoalan secara nyata yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Merujuk dari Peraturan Kepala Staf TNI AD Nomor 19/IV/2008 tertanggal 8 April 2008, seorang Bintara Pembina Desa berkewajiban untuk melaksanakan pembinaan teritorial sesuai petunjuk atasannya, yaitu komandan Komando Rayon Militer.

Secara pokok, tugas-tugas mereka meliputi mengumpulkan dan memelihara data pada aspek geografi, demografi, hingga sosial dan potensi nasional di wilayah kerjanya.

Hal ini meliputi banyak sekali aspek, yaitu aspek SDM, SDA, sarana-prasarana dan infrastruktur di wilayah binaannya.

Contoh aplikasinya pada saat bencana alam terjadi di satu wilayah, maka Babinsa ini menjadi ujung tombak informasi awal operasi militer selain perang berupa operasi kemanusiaan TNI AD atau gabungan

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 04/Pasir Penyu Kodim 0302/Inhu pada Minggu 09 Februari 2020 Sertu Darul Rasyid membantu warga yang sedang memasang Keramik Mushola Al Ikhlas di desa Pasir Ringgit Kec Lirik Kab Inhu.

Kepedulian Babinsa kepada warga binaannya nampak terlihat dengan bersama sama melaksanakan Gotong royong (Goro) pembenahan Mushola Al-Ikhlas dengan kegiatan membantu pemasangan keramik, kegiatan ini agar kemanunggalan TNI dengan rakyat bisa terwujud dengan baik.

Ketika di konfirmasi kepada Awak Media Sertu Darul Rasyid mengatakan sebagai babinsa kami harus tetap semangat dan merasa senang bisa membantu masyarakat di wilayah binaan, apalagi membantu membangun atau merehab tempat ibadah seperti Mushola ini, ungkapnya.

Selanjutnya Tokoh Masyarakat Desa Pasir Ringgit Kec Lirik Kab Inhu, Jamalluddin Ali selaku Kadus mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah meluangkan waktunya turun langsung memberikan bantuan untuk memasang keramik Mushola tersebut.

"Kedepan diharapkan kegiatan serupa bisa dilaksanakan berjelanjutan dengan baik di Desa kami maupun di Desa lainnya yang ada didaerah ini," jelas Kadus.**(prc3)


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved