DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Lahan Warga Di Kelayang 10 Hektar Terbakar

Editor :Fauzi Rabu,18 September 2019 | 12:39:42 WIB
Lahan Warga Di Kelayang 10 Hektar Terbakar Ket Foto : Fhoto Warga Masih Padamkan Api Dengan Peralatan Seadanya

PELITARIAU, Inhu - Lebih dari 10 hektar lahan kebun karet milik warga di Desa Tanjung Beludu, Kecamatan Kelayang, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) ludes terbakar, Selasa (17/9/2019), sekira pukul 12.00 WIB. 

Hingga berita ini dimuat Belum tau penyebab dari kebakaran tersebut. Upaya pemadaman api dilakukan menjelang datang bantutuan Pemda dengan peralatan seadanya oleh Tim Karhutla Kecamatan Kelayang.

Kepala Desa Tanjung Beludu, Kecamatan Kelayang, Udri, menyebutkan, diperkirakan lebih dari 10 hektar lahan perkebunan warganya ludes terbakar, Kebakaran terjadi sekira pukul 12.00 WIB dan belum tau penyebab kebakaran tersebut, katanya.

"Masyarakat bersama Tim Karhutla Kecamatan Kelayang terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP masih  berjibaku memadamkan api diketahui hingga kini, Rabu (18/9/2019) sijago merah masih membara melahab lahan tersebut," ujar Kades Tanjung Beludu.

Saat ini api belum bisa dikumpuhkan masih merambat kemana-mana dilokasi kebakaran. Api kembali menyala dan sulit dipadamkan karena berada di areal sulit, bebukitan dan susah mendapatkan air, jelasnya.

Masyarakat bersama Tim Karhutla terus melakukan upaya pemadaman titik-titik api dan juga membuat sekat agar api tidak merambat lahan warga yang belum terbakar, ujarnya.

Sementara, Camat Kelayang, Mas'ud, SE dikonfirmasi melalui Kasi Tramtib Kecamatan Kelayang, Kadir Tarigan, mengatakan, pihaknya bersama personil Satpol PP juga ikut membantu warga setempat telah berupaya memadamkan api di lahan yang terbakar sejak awal kebakaran.

"Namun api kembali membesar pada petangnya, Selasa (17/9/2019) dan telah dilakukan pemadaman bersama jajaran Polsek Kelayang, TNI dan warga setempat", kata Kadir Tarigan.

Api sulit dipadamkan karena sulitnya sumber air, ditambah peralatan yang terbatas dan tiupan angin yang terjadi. Lokasi kebakaran berjarak sekitar dua kilometer dari permukiman warga.

Hingga saat ini hanya upaya membatasi pergerakan api yang bisa dilakukan agar tidak merambah atau menjalar dengan cara memukul api dan membersihkan lahan kering menggunakan cangkul (membuat isolasi), agar api tidak merambat.

Di lokasi yang berbeda, di Kelurahan Simpang Kelayang (Jalan masuk simpang AMD) sekitar 1 hektar lahan semak belukar juga terbakar sehari sebelumnya, Senin (17/9/2019) sekira jam 13.00 WIB "Tim karhutla dan masyarakat sudah maksimal melakukan pemadaman api saat ini upaya pendinginan sudah dilakukan agar tidak terulang lagi kebakaran serupa dilahan tersebut, jelasnya.**


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved