DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Anggota TNI dan BPBD Tangkap Pelaku Karhutla di Inhu, Dandim Hendra Janji Berikan Hadiah

Editor :zulpen Selasa,17 September 2019 | 14:54:31 WIB
Anggota TNI dan BPBD Tangkap Pelaku Karhutla di Inhu, Dandim Hendra Janji Berikan Hadiah Ket Foto : Komamdan Kodim 0302 Inhu selaku Dansatgas Karhutla wililayah Inhu-Kuansing, Letkol Arh Hendra Roza Sip berhasil mengamankan pelaku pembuatan kebun dengan cara bakar di Kecamatan Rengat.

PELITARIAU, Inhu - Sejak sebulan terakhir,   Komandan kodim (Dandim) 0302 Inhu Letkol Arh Hendra Roza Sip, memerintahkan seluruh personil TNI di wilayah Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) dan Kuansing, memadamkan titik api pada lahan dan hutan yang terbakar.

Selain personil TNI ikut memadamkan api, personil TNI diperintahkan Dandim Hendra, untuk menangkap dan mengamankan pelaku yang tertangkap tangan sedang melakukan pembuatan kebun dengan cara membakar. "Personil TNI yang berhasil menangkap pelaku pembakaran lahan dan hutan, saya kasih hadiah uang," kata Dandim Hendra. 

Kemudian, atas perintah tersebut, personil TNI dari Satuan tugas (Satgas) Kodim 0302 Inhu bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) berhasil mengamankan pelaku pembakaran lahan di Keluragan Pasir Kemilu Kecamatan Rengat Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau pada Selasa (17/9/2019).

Pelaku diduga pembakar lahan di Kelurahan Pasir Kemilau diketahui bernama Ismail (30) warga halan lintas pematang rebah - rengat. Penangkapan diduga pelaku dilakukan oleh Serma Pohan dibantu Serka Sumarno dan Kakorlap BPBD Inhu Anton.

Kata Dandim Hendra, kronologis penangkapan pelaku pembakar lahan tersebut, pertama Ki diketahui saat personil tim satu Subsatgas Gab II Dim 0302 beserta Sat BKO Yonif 131, BPBD, Manggala dan Masyarakat sedang melaksanakan pendinginan titik asap di Sekip hilir.

"Adanya laporan sedang terjadi kebakaran lahan di Pasir Kemilu, maka tim bergerak cepat kelokasi yang dimaksud, saat itu ditemukan seseorang yang ada di lokasi dan sedang melakukan pemadaman api," ujar Dandim.

Kemudian, personil melakukan interogasi kepada diduga pelaku abg saat itu ikut memadamkan titik api yang dimaksud, dari pengakuan pelaku saat itu, dia sedang istirahat merokok, kemungkinan api dari putung rokoknya yang menyebabkan kebakaran.

"Atas keterangan beberapa pihak, pelaku kita serahkan ke Polres Inhu untuk di tindak lanjuti, sebab ada pengakuan orang lain, kalau pelaku yang diamankan tersebut sengaja melakukan pembakaran lahan," ujar Dandim.

Selain itu juga, personil meyakini pelaku sengaja membakar lahan, sebab saat tim Satgas beserta anggta BPBD datang kelokasi kebakaran lahan, tersangka baru sibuk memadamkan api, sementara api sudah meluas lbh kurang 2000 meter persegi.

"Lahan dibakarnya merupakan lahan yang sedang dalam tahap pembersihan, pelaku berencana akan menanam palawija," kata Dandim. **Prc


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved