DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Puluhan Milyar Bantuan Perkebunan Akasia PT CSS di Peranap Bergejolak

Editor :zulpen Senin,16 Januari 2017 | 05:08:00 WIB
Puluhan Milyar Bantuan Perkebunan Akasia PT CSS di Peranap Bergejolak Ket Foto : Anggota DPRD Inhu, Marlius
PELITARIAU, Inhu - Bantuan yang disalurkan oleh perkebunan kayu akasia Hutan Tanaman Industri (HTI) milik PT Citra Sumber Sejahtera (PT CSS) kepada desa Pauhranap Kecamatan Peranap Kabupaten Indragiri hulu (Inhu) Riau harus segera dihentikan. Jika bantuan tersebut terus disalurkan maka, akan menimbulkan gejolak besar sebab, ada kecemburuan sosial dari desa-desa lain di yang masuk dalam kawasan PT CSS.
 
Demikian disampaikan Anggota DPRD Inhu Marlius Spdi ketika dikonfirmasi pelitariau.com Senin (16/1/2017) di DPRD Inhu. "Pendapatan sah desa harus dimasukan dalam rencana kegiatan pembangunan desa, bantuan PT CSS untuk desa Pauranap sejak tahun 2002 harus harus segera diaudit," pinta politisi Partai Gerindra Inhu ini.
 
Menurutnya, persoal pelecehan lembaga dewan oleh oknum sekretaris desa Pauhranap atas nama Abdullah muncul akibat dari bantuan PT CSS dalam bentuk uang tunai kepada desa Pauhranap. "Laporannya sudah disampaikan ke polres Inhu, sampai saat ini masih terus berproses, kita dugaan ini erat kaitannya dengan dana bantuan perusahaan akasia HTI PT CSS kepada desa Pauhranap," ujarnya.
 
Beredar kabar, bantuan dari PT CSS untuk desa Pauhranap digulirkan sejak tahun 2002 sampai dengan Desember 2016. Bantuan tersebut belum diketahui konfensasi apa, sebab ada 2 desa lainnya juga diareal perkebunan akasia HTI PT CSS tidak mendapatkan bantuan. Bisa saja bantuan PT CSS dalam bentuk Corporate Social Responsibily (CSR).
 
Jika ada kompensasi CSR untuk desa Pauhranap, kata Marlius, semustinya dua desa lain yang ada di areal PT CSS juga diberikan CSR, sebab jika ada anak tiri dan anak kandung akan memunculkan konflik sosial di tengah pemerintahan dua desa lainnya. "Maknya kita sarankan, PT CSS hentikan bantuan setiap bulan ke desa Pauhranap dan lakukan pembahasan bantuan sesuai dengan usulan dan program masing-masing desa," tegasnya.
 
Sebagai mana diketahui, tiga desa yang masuk areal operasioal perkebunan akasia HTI PT CSS adalah, areal Desa Pauhranap Kecamatan Peranap dengan luas areal lahan desa yang ditanam kayu akasia milik PT CSS sekitar 5 ribu haktare.
 
Selanjutnya desa Pesajian Kecamatan Batangperanap, areal lahan desa yang ditanami kayu akasia dengan luas lebih kurang 4 ribu haktare, dan desa Punti Kayu Kecamatan Batangperanap dengan luas areal lahan desa 6 ribu katare yang ditanami kayu akasia oleh PT CSS.
 
Semantara itu, Menejer keuangan PT CSS, Suhandi dikonfirmasi melalui telpon selulernya tentang pertanggung jawaban penerima bantuan CSR Desa Pauhranap yang diberikan oleh PT CSS tidak menjawab. Dikirim pesan pertanyaan melalui telpon selulernya juga tidak dibalas.
 
Dikethaui juga, sejak tahun 2002 perkebunan akasia PT CSS menyalurkan bantuan untuk desa Pauhranap setiap bulannya berfariasi, namun demikian rata-rata bantuan yang dikirimkan PT CSS kepada desa Pauhranap berkisaran Rp 140 juta per-bulan. Hingga Desember 2016 masih terus disalurkan dan jumlahnya mencapai puluhan milyar. **zp/ram

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved