DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hewan Liar di Pekanbaru Bakal Dikebiri

Editor :Rio Ahmad Kamis,20 Oktober 2016 | 15:19:28 WIB
Hewan Liar di Pekanbaru Bakal Dikebiri Ket Foto : ilustrasi

PELITARIAU, Pekanbaru - Angka kasus rabies di Kota Pekanbaru terbilang cukup tingggi. 95 persen diantaranya disumbang anjing liar.

Mengingat tingginya kasus rabies tersebut, Pihak Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Pekanbaru akan terus mengoptimalkan vaksinasi. Seperti yang disampaikan Kasi Pengelola dan Pemasaran Hasil Peternakan (P2HP), drh Tito Reza Msi MH kepada wartawan, pada Kamis, (20/10/2016)

“Ini harus menjadi perhatian semua pihak. Kegiatan kita rutin vaksinasi dan steralisasi atau kebiri,” sebutnya saat ditemui di Kantor Walikota Pekanbaru.

Dijelaskan Tito Reza kebiri diberlakukan buat hewan liar bagi yang betina diangkat rahimnya, sedangkan yang jantan diangkat testisnya. “Karena membunuh tidak dibenarkan. Makanya salah satu upaya dilakukan kebiri,” sebutnya.

Selain vaksinasi dan kebiri, pihaknya juga akan bekerjasama dengan komunitas-komunitas hewan. “Kita bekerjasama dengan komunitas penyayang hewan ada yang diobat atau dipelihara. Kita berharap dengan komunitas bisa meminimalisir kasus rabies ini. Untuk itu kita harapkan kesadaran masyarakat,” katanya.

Dari data sebelumnya kasus rabies di Pekanbaru terus bertambah setiap tahunnya. Pada tahun 2015 setidaknya ada 30 kasus. Untuk itu diminta bagi pemilik hewan peliharaan seperti kera, anjing, dan kucing agar dilakukan vaksin anti rabies.***(al)

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved