DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Bikin Sambal Enak di Rumah, Begini Caranya

Editor :Yudha Selasa,21 Maret 2017 | 23:25:10 WIB
Bikin Sambal Enak di Rumah, Begini Caranya Ket Foto : internet

PELITARIAU.com - Sambal tampaknya sudah jadi pelengkap makan yang selalu hadir di tengah meja makan. Bahkan bagi beberapa orang, makan tanpa sambal seolah ada yang kurang dan kurang sedap. Tentu sambal yang dinanti adalah sambal yang lezat dan pedasnya nendang.

Untuk membuat sambal lezat di rumah, ada beberapa tips dan trik yang bisa dilakukan. Dikutip dari buku Aneka Sambal Favorit : Praktis, Tips Antigagal, Tips Wirausaha karya Budi Sutomo, Selasa (21/3/2017) berikut tips simpel bikin sambal enak di rumah.

Pilih bahan yang berkualitas usahakan untuk selalu memilih bahan sambal yang segar dan berkualitas baik. Bahan dasar yang baik akan menghasilkan cita rasa sambal yang prima. Jangan lupa mencuci semua bahan ini hingga bersih sebelum digunakan, tujuannya adalah menghilangkan kotoran yang menempel pada bahan.

Buat sambal secara mendadak
Buat sambal sesaat sebelum disajikan. Sambal yang dibiarkan lama akan menghasilkan air, kering dan juga kualitasnya akan menurun. Untuk mempermudah proses menghaluskan bahan, potong beberapa bumbu menjadi bagian yang kecil misalnya bawang dan cabai. Pastikan untuk selalu menggunakan cobek karena sambal yang dihaluskan menggunakan cobek akan terasa lebih sedap.

Masak bahan baku
Beberapa bahan baku sambal bisa dimasak terlebih dulu misalnya digoreng, dibakar atau disangrai. Tujuannya adalah untuk membuat rasa dan aromanya semakin keluar. Bumbu yang bisa disangrai antara lain lada, ketumbar, kemiri, jintan, wijen dan lada. Sementara bahan yang bisa digoreng adalah cabai, terasi dan bawang. Dan beberapa bahan yang bisa dibakar adalah terasi, lengkuas, serai, jahe, kunyit dan lainnya. Tujuan dimasaknya bahan juga agar sambal tidak beraroma mentah.

Tambahkan minyak
Tambahkan minyak matang atau minyak jelantah jika tekstur sambal terlalu kental. Menambahkan minyak juga membuat sambal lebih gurih dan lezat. Gunakan minyak bekas menggoreng bawang agar sambal lebih wangi, sebagaimana diberitakan okezone, Selasa (21/03/2017).***PRC

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved