DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Salah Satu Makanan Favorit Khas Masyarakat Gorontalo Binte Buluhuta

Editor :Yudha Sabtu,18 Februari 2017 | 08:24:00 WIB
Salah Satu Makanan Favorit Khas Masyarakat Gorontalo Binte Buluhuta Ket Foto : Binte biluhuta, sup jagung khas Gorontalo (Foto: Instagramwilliamwongso)

PELITARIAU.com - Saking kayanya kuliner Indonesia banyak jenis kuliner yang tak terekspos hingga luar daerah asalnya. Padahal tak jarang beberapa makanan sudah menjadi favorit masyarakat daerah asal, salah satunya binte biluhuta.

Mendengar nama makanan binte biluhuta memang dijamin kurang familiar tapi jika menyebut makanan ini di Gorontalo maka sudah pasti semua mengetahuinya. Binte biluhuta sering juga disebut sebagai milu siram atau sup jagung.

Dilansir dari berbagai sumber, makanan ini adalah satu makanan khas masyarakat Gorontalo. Binte buluhuta sendiri berupa makanan berkuah yang terbuat dari campuran jagung, ikan atau udang yang diracik dengan bumbu dan teknik pengolahan khas hingga menghasilkan hidangan yang lezat.

Sup ini memiliki tiga rasa yang saling berpadu yakni manis, asin dan pedas. Jika ditelisik dari namanya, binte memiliki arti jagung dan orang Gorontalo kerap menyebutnya milu. Sementara biluhuta artinya disiram, jadi jika digabungkan akan menghasilkan arti jagung yang disiram.

Di Gorontalo, hidangan ini jadi makanan sehari-hari. Penggunaan jagung sebagai bahan dasar karena provinsi Gorontalo merupakan daerah penghasil jagung terbesar di Indonesia. Tak hanya produksinya yang tinggi, kualitas jagung yang dihasilkan juga adalah kelas satu alias sangat bagus.

Selain jagung, binte biluhuta juga dibuat dengan campuran ikan. Jenis ikan yang kerap digunakan adalah ikan tuna, cakalang, tenggiri atau menggunakan udang. Bubur ini disajikan dalam keadaan hangat sehingga cocok jadi makanan penghangat kala cuaca dingin melanda seperti sekarang ini.

Makan binte biluhuta juga dianggap sebagai obat alami untuk mengusir flu. Orang Gorontalo kerap menjadikan hidangan ini santapan harian ataupun hidangan spesial saat upacara adat atau acara keagamaan.

Selain paduan rasa manis, asin dan pedas, binte biluhuta juga punya rasa pahit yang tipis. Rasa pahit ini berasal dari daun pepaya Sementara sumber rasa asam berasal dari perasan jeruk nipis yang dikucurkan sesaat sebelum disantap.

Jika bertandang ke Gorontalo, Anda tidak akan merasa kesulitan menemukan makanan ini karena binte biluhuta tersedia di sepanjang jalan Gorontalo. Penjualnya juga beragam mulai dari warung pinggir jalan hingga restoran mewah. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau yakni mulai Rp7.000. Murah dan bikin kenyang, seperti dilansir okezone, Sabtu (18/02/2018).***PRC

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved