DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

5 Trik Cara Dapatkan Foto Cantik Saat Momen Liburan, Bermodalkan Kamera Smartphone

Editor :zulpen Senin,26 Desember 2016 | 08:59:00 WIB
5 Trik Cara Dapatkan Foto Cantik Saat Momen Liburan, Bermodalkan Kamera Smartphone Ket Foto : ilustrasi :
PELITARIAU.com - Menjelang akhir tahun, tidak jarang orang mengambil cuti kerja untuk liburan atau melewati pergantian tahun dengan suasana yang berbeda. Liburan akhir tahun tidak akan lengkap tanpa dokumentasi foto yang ciamik, apalagi jika Anda berlibur di luar kota atau luar negeri.
 
Malas membawa-bawa kamera saat liburan tapi tetap ingin mendapatkan foto yang menarik? Cukup dengan bermodalkan smartphone, Anda bisa memotret berbagai momen yang tak kalah bagus kualitasnya dengan bidikan kamera DSLR atau mirrorless. Lagipula sekarang ini banyak produk smartphone yang sudah 'dipersenjatai' kamera canggih dengan ukuran pixel tinggi. 
 
Lebih penting dari itu, kemahiran Anda mengabadikan objek lah yang lebih penting. Cole Rise, seorang fotografer profesional asal Amerika Serikat membagi beberapa tips menghasilkan foto ciamik menggunakan smartphone seperti dilansir detikcom Senin (26/12/2016).
 
1. Kenali Perangkat
Hal pertama yang paling penting adalah mengenali kamera ponsel Anda sendiri, baik yang bersistem operasi iOS maupun Android. Buka menu setting dan pilih tombol 'camera setting' untuk melihat opsi-opsi aja saja yang ditawarkan kamera smartphone Anda, yang mungkin 'tersembunyi' dan bisa digunakan untuk membantu mendapatkan foto yang bagus. Tiap tipe smartphone tentu berbeda, namun biasanya masing-masing sudah memiliki teknologi terbaru. Fitur HDR (high dynamic range) misalnya, akan membantu menegaskan bidikan foto Anda. Area yang cukup cahaya akan menjadi lebih terang, sementara area yang lebih gelap akan makin gelap. Hasilnya, warna foto akan lebih jelas dan menonjol. Manfaatkan juga fitur grid. Mengaktifkan fitur grid (berupa kisi-kisi pada kamera) akan memudahkan Anda membuat komposisi foto yang sesuai. 
 
2. Memotret yang Tak Terpikirkan
Jangan hanya terpaku memotret satu objek saja, tapi manfaatkan juga objek-objek lain di sekitarnya. Cobalah membangun gambar yang berada di luar poin fokus. Di sini, Cole bicara tentang framing. Misalnya saja ketika Anda ingin memotret seekor rusa. Jangan terfokus pada rusanya tapi ambil juga objek pohon di sebelahnya, atau pepohonan rindang yang jaraknya lebih dekat dengan Anda. Menambahkan elemen sebagai latar belakang akan membantu Anda seakan bernarasi lewat foto. Bukan hanya sebuah bidikan kamera yang statis.
 
"Pikirkan cerita di balik foto. Setiap foto adalah cerita, bukan hanya gambar. Foto harus bercerita tentang sesuatu," saran pria yang menciptakan beberapa filter foto untuk Instagram ini, seperti dikutip dari Daily Mail. 
 
3. Gunakan Aplikasi yang Tepat
Ada banyak aplikasi fotografi untuk smartphone yang tersedia untuk membantu membuat foto Anda lebih indah dan menarik. Gunakan aplikasi yang mudah digunakan dan tidak membuat Anda mengernyitkan dahi saat menggedit-nya. Cole menyarankan untuk mengunduh aplikasi seperti VSCO atau Snapseed. Tidak hanya menawarkan filter, VSCO juga menyediakan perangkat editing yang memungkinkan Anda menghasilkan 'seni' dari foto yang telah diambil. Untuk perangkat yang lebih lengkap, Picsart juga bisa menjadi referensi Anda dalam mengedit foto.
 
4. Cari Angle Foto yang Tidak Biasa
Bereksplorasilah. Jangan hanya terpaku pada angle yang 'tegak lurus' dengan posisi Anda. Kembangkan imajinasi dan cobalah berbagai angle atau sisi dalam mengambil foto. Misalnya saja memotret bunga-bunga bermekaran dari posisi bawah, mengabadikan kerumunan orang dari atas gedung atau angle lain yang jarang diambil orang. Hal terpenting menurut Cole adalah melihat segala sesuatunya dari sudut pandang berbeda.
 
5. Tak Perlu Pakai Filter Berlebihan
Memakai filter memang bisa memperindah foto, atau membuat tampilan foto tampak berbeda dari aslinya. Tapi efek filter yang terlalu jelas justru bisa mengurangi estetika foto itu sendiri. Ingat, gunanya filter adalah menonjolkan keindahan foto. Bukan menutupinya.
 
"Dalam hal mem-filter, aku tidak mau fotografi justru jadi tertutupi, aku ingin fotonya lebih meningkat (kualitasnya). Seperti sebuah informasi yang hilang jika Anda terlalu banyak memakai filter," ujar Cole.
 
Jika Anda memakai filter dari Instagram, Anda bisa mengurangi efek filternya agar tidak terlalu terlihat jelas, tapi masih menambah keindahan pada foto. Filter sebaiknya dipakai 'setipis' mungkin. Aplikasi VSCO juga menyediakan fitur di mana Anda bisa mengurangi efek filter. Saran dari Cole, kurangi efek filter menjadi di bawah 50 persen untuk membuatnya 'seasli' mungkin dari foto original. **prc
Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved