DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Yopi: Jika Desa Hebat, Bupatinya Pasti Hebat

Editor :Rio Ahmad Senin,14 Maret 2016 | 18:58:49 WIB
Yopi: Jika Desa Hebat, Bupatinya Pasti Hebat Ket Foto : Musrenbang Kec Lirik

PELITARIAU, Rengat - Bupati Inhu H Yopi Arianto menegaskan bahwa kemajuan pembangunan suatu daerah akan sangat dipengaruhi dari keberhasilan serta peningkatan pembangunan yang ada di desa. Karena itu, Bupati mengingatkan kepala desa agar dalam mengalokasi dana desa dilakukan secara terbuka dan transparan, sehingga pelaksanaan pembangunan terlaksana sesuai perencanaan dan kesepakatan bersama.

Bahkan dalam waktu dekat ini, Bupati Yopi Arianto akan menggelar pertemuan bersama kepala desa se Inhu beserta aparaturnya guna meningkatkan pemahaman terkait pengalokasian dana desa secara benar. “Jika desa hebat, Bupatinya pasti hebat,” ungkap Bupati Yopi saat hadir pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Lirik tahun 2017 di Aula Kantor Camat, Senin (14/3/2016).

Dalam pelaksanaan musrenbang tersebut, lima sektor menjadi usulan perencanaan pembangunan Kecamatan Lirik tahun 2017, diantaranya bidang kesehatan, peternakan, pertanian, peningkatan sarana dan prasarana serta sosial budaya dengan total anggaran mencapai Rp 15 miliar lebih.

Sementara dalam sesi diskusi, berbagai usulan prioritas pembangunan yang disampaikan masyarakat secara umum mengharapkan pengadaan air bersih sesegera mungkin dapat terealisasi. Selain itu, permintaan lahan sebagai tempat pembuangan akhir sampah sekaligus pengadaan armada pengangkutnya.

Terkait pengadaan air bersih, Bupati Inhu H Yopi Arianto mengatakan, di tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Inhu telah menganggarkan dana mencapai Rp 5 miliar guna pembiayaan penggantian pipa saluran air dan pemasangannya. 

Sedangkan untuk penentuan lokasi tempat pembuangan akhir sampah, Bupati minta kepala desa berkoordinasi terlebih dulu bersama camat. Jika telah disepakati, Pemkab Inhu akan membantu dalam proses komunikasi bersama pemilik lahan. Dan, terkait usulan pengadaan alat transportasi pengangkut akan menjadi bahan pertimbangan Pemkab Inhu.

Sebagai antisipasi pencegahan terjadinya Karlahut, dalam kesempatan itu Bupati Yopi juga mengimbau kepada masyarakat agar kelestarian lingkungan dapat terus dijaga dengan tidak melakukan pembakaran untuk membuka lahan.

Hadir dalam kegiatan itu, Ketua DPRD Inhu Miswanto beserta sejumlah anggota DPRD Inhu, kapolsek, danramil, kepala dinas, kepala badan, kepala kantor serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Inhu.**(surya)


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved