DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Kampung Ini Melarang Warga dan Tamu Merokok

Editor :Rio Ahmad Jumat,26 Februari 2016 | 06:08:45 WIB
Kampung Ini Melarang Warga dan Tamu Merokok Ket Foto : Pintu masuk ke kampung bebas rokok, dusun Al-Fattah, Lampung.

PELITARIAU, Bandar Lampung - Motor melaju dengan kecepatan 30 sampai 40 kilometer, melintasi jalan-jalan berlubang yang digenangi sisa air hujan.

Tanaman jagung, singkong dan juga peternakan sapi milik masyarakat menjadi pemandangan menyenangkan sepanjang 2,5 kilometer untuk menuju perkampungan Al-Fattah dari bibir jalan Lintas Sumatera di Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Di depan pintu masuk perkampungan, pengunjung akan disambut dengan sebuah tulisan terpampang "Anda memasuki kawasan wajib berbusana muslim dan bebas rokok".

Aturan itu tak cuma berlaku bagi warga perkampungan Al-Fattah saja tetapi tamu yang datang pun wajib mematuhinya tanpa terkecuali.

Sudrajat (53), warga Kampung Al-Fattah dan juga satpam perkampungan itu, mengatakan tamu yang datang suka tidak suka harus mematuhi aturan yang berlaku.

Di Al-Fattah selain perkampungan juga ada sekolah dari tingkat PAUD sampai SMU sederajat. Siswanya ada yang dari warga sekitar kampung dan dari luar.

"Ya, kalau orangtua ada yang nengok dan dia juga perokok ya memang tidak boleh merokok sampai batas portal pintu masuk. Kalau mereka mau merokok harus di luar gerbang portal," ujar Sudrajat kepada Kompas.com pada Kamis (25/2/2016).

Jamal, warga lainnya mengaku telah puluhan tahun tinggal di sana dan terbiasa dengan aturan yan diterapkan di kampung itu.

"Saya dulu perokok juga, tapi ya memang bukan perokok berat hanya beberapa kali saja dalam sehari," kata dia.

Penerapan kawasan bebas rokok di perkampungan itu berjalan sekitar lima tahun terakhir.

"Awal-awal berhenti memang tidak mudah, rasanya kecut saja mulut ini, tapi lama kelamaan karena menyadari tidak ada manfaatnya akhirnya saya tinggalkan," ujarnya lagi.**


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved