DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Jelang Puasa, Harga Sembako di Bagansiapiapi Naik 15Persen

Editor : Rabu,17 Juni 2015 | 02:49:46 WIB
Jelang Puasa, Harga Sembako di Bagansiapiapi Naik 15Persen Ket Foto : Kabid Perdagangan Disperindag Rohil, Rafizal Spi

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Menjelang menyambut datangnya Bulan Suci Ramdhan atau bulan puasa, harga-harga sembako yang berada di kecamatan Bangko, khusunya di ibu kota Bagansiapiapi telah terjadi kenaikan harga sebanyak 15 persen.

Adapun kenaikan harga sembako terjadi ditiga lokasi pasar seperti Pasar datuk Rubiah, Pasar Bintang dan Pasar Bagan Hulu. Untuk kenaikan barang sembako adalah harga, Daging Ayam, Telur, Gula, Bawang Merah, Cabe dan mengalami kenaikan 15 persen, sedangkan Beras dan Daging Sapi belum terjadi kenaikan harga," kata Kepala Dinas Dispridang Syafruddin Ssos melalui Kabid Perdagangan Rafizal saat di wawancarai pelitariau.com, Selasa (16/6).

"Tiga hari menjelang puasa harga sembako di kecamatan Bangko khususnya di Bagansipaiapi, masih relatif stabil. Namun pada tanggal 16 Juni 2015 kenaikan harga sembako kini melonjak naik dari harga sebelumnya mencapi 15 persen," ucap Rafizal.

Untuk kenaikan harga beras belum terjadi kenaikan di wilayah Kecamatan Bangko masih tetap 10.000, Bagansinembah 9.500, pujud 12.000, Palika 11.500, Tanah Putih 11.500, Kuba 9.000, Kubu 9.000 dan Batu Hampar 12.000. Untuk harga Daging masih harga lama yakni 125`000 perkilo.

Lanjut Kabid Perdagangan, untuk harga sembako mengalami kenaikan sebanyak 15 persen seperti harga cabe merah terbaru 65.000 kg, sebelumnya harga mencapai 45.000 per kg, Bawang Merah lokal 38.000 harga sebelumnya 32.000 sampai 35.000  per Kg, Daging ayam 35.000 perkilo sebelumnya 30/34 perkilo, telur ayam 12.000 sekarang 13.000 perbutir, daging sapi masih 125 perkilo.

"Disperindang telah mengupaya mengadakan pemantau, pembinaan dan pengawasan terhadap kenaikan harga-harga sembako, kita menekati kepada distributor. Dengan melakukan pendekatan. Emang ada kenaikan harga sembako secara nasional, tidak hanya di kecamatan Bangko saja yang naik harga sembako, semuanya mengalami kenaika. Tetapi kita berharap kepada distributor pemasuk barang suapaya harga harga jangan terlalu tinggi di naikan. Kalau ada penambahan tolong di sesuaikan," cetusnya.

Kita telah melakukan pendekatan, istilahnya mendekati karena distributor pemasok barang tidak tentu, terkadang sayur sayuran itu, bawang, cabe, itu datangnya dari medan, kemungkinan stock barang mulai berkurang, maka terjadi kenaikan harga, itu yang sering terjadi permasalahan-permasalahan.   

KIta menghimbau semua intasi yang terkait mengenai tentang perdagangan ini untuk melancarkan semua masalah sembako, di utamakan sembako di lancarkan sembako, jagan telampau kenaikan seginifikan terlalu tinggi yang tidak bisa diterima oleh masyarakat dan stock barang diharapkan di jaga.

Penimbunan Barang untuk saat ini belum terjadi penimbunan barang, kecuali beras. karena beras itu di tarukan di gudang. Bukan penumpukan, tetapi wajib harus ada di gudang untuk menghadapi bulan puasa dan lebaran. Kalau sayur mayur ini tidak mungkin terjadi penimbunan, pihak Disprindang terus melakukan pemantauan, pengawasan. Lagi pula kalau ada penimbunan sembako ini cepat busuknya, tidak mungkin terjadi.

Akui Rafizal, kita telah melakukan sidak di setiap mini market kemaren, hampir semua kecamatan kita lakukan sidak. dinyakan untuk wilayah lebih kurang 8 kecamatan yang kita bagi tim untuk melakukan sidak disetiap mini market maupun toko swalayan. Adapun kecamatan yang telah kita lakukan sidak yakni, Kecamatan Bangko, Bagansinembah, Pujud, Palika, Tanah Putih, Kuba, Kubu dan Batu Hampar. Itu untuk toko swalayan insallah sampai saat ini alhamdulilah tidak ada terjadi barang-barang yang kita kuatirkan.

istilahnya kadaluarsa, lewat exspayer atau kerusakan-kerusakan barang. memang ada kita temukan barang yang ditemukan di kecamatan Pujud, itu barang makanan ringan yang lewat exspayer, itu telah kita amankan. Dan kita telah lakukan pembinaan pedaganga dan pengawasan, serta kita menghimbau kepada pedagangnya untuk semuanya mencabut dan memeriksa semua barang yang ada dan kita amankan, dan kita kembalikan kepada agen," ujarnya.***Jar
 


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved