DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Rohil Tampung Pengungsi Rohingya

Editor : Minggu,31 Mei 2015 | 17:15:38 WIB
Rohil Tampung Pengungsi Rohingya Ket Foto : internet

PELITARIAU, Bagansiapiapi-- Wilayah Pesisir di Provinsi Riau diusulkan sebagai lokasi untuk menampung para pengungsi Rohingya asal Myanmar dan Banglades. Salah satunya Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) sebagai lokasi alternatif yakni Pulau Jemur,Pulau Halang Dan Sinaboi.

 

Hal ini dinyatakan kepada BPP Provinsi Riau H M Ramli, ketika ekspos program rencana pengelola perbatasan, di aula kantor Bappelda Rohil,  pekan lalu. Acara tersebut turut juga dihadiri Kepala BPP Rohil Wazirwan Yunus,Kepala Dinas Kesehatan Rohil, H M Junaide Saleh M.Kes,para Camat dan serta Datuk Penghulu.

 

Ramli menyebutkan, BPP Provinsi Riau menjejaki kemungkinan menyediakan lahan di Provinsi untuk menampung pengunsi Masyarakat Rohingya.

 

Dari informasi, pengusi mayoritas umat muslim tersebut sudah masuk sebanyak 1000 kepala Keluarga.Oleh karena itu, pembahasan ditinjau berbagai aspek seperti penyediaan pulau alternatif. 

 

“Penetapan Pemkab Rohil Pulau Jemur,Pulau dan Sinaboi, jadi yang diusulkan untuk segera dilaporkan ke Peresiden melalui Gebernur Riau," ucapnya.

 

Adapun keuntungan bagi pemerintah daerah menyediakan lokasi penampung, kata Ramli, terbangunya akses rumah sakit, air bersih,insfrakturktur jalan, sara dan prasarana. kedepannya, daerah tertinggal tersebut bisa cepat maju.

 

Jadi kita akan kerjasama dengan media massa, supaya ada MoU agar diketahui semua stakeholder serta pusat.Karena program awal tahun 2015 , dapat alokasi dana pembentukan dan pengisian jabatan BPP.

 

Di tambahkan, aaapun tupoksi BPP merumuskan kebijakan, koordinasi, fasilitasi dan evaluasi dan memantau pengelola potensi wilayah kerja sama perbatasan denagn visi mewujudkan pembangunan kawasan perbatasan yang maju, sejahtera dan berdaya saing.

 

Ada 10 negara yang berbatas degan Indonesia adalah Singapure, Malaysia, Filipina, Thailand, Timur Leste, Australia, India, Cina, Malau dan Papau Nugini.***dn


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved