DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Pansel KPK Dibentuk Pekan Depan

Editor : Sabtu,16 Mei 2015 | 00:21:50 WIB
Pansel KPK Dibentuk Pekan Depan Ket Foto : Komisi Pemberantasan Korupsi

PELITARIAU.COM - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengakui dirinya telah menerima sejumlah nama calon panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nama itu sedang dipilih dan akan segera ditunjuk Presiden Joko Widodo pekan depan.

"Jadi sudah cukup banyak nama yang masuk, tapi kita belum finalisasi. Secepatnya akan finalisasi. Intinya, kita akan buat pertimbangan semaksimal mungkin untuk tentukan pansel yang baik. Yang lebih penting lagi menghasilkan komisioner yang baik," ujar Pratikno seperti dilansir kompas di Istana Kepresidenan Jumat (15/5/2015).

Kriteria orang-orang yang duduk di panitia seleksi pimpinan KPK, lanjut Pratikno, adalah mereka yang memiliki integritas tinggi dalam pemberantasan korupsi. Selain itu, tokoh yang masuk dalam pansel KPK juga merupakan tokoh masyarakat yang disegani.

"Minggu depan harapannya itu sudah siap," ujar dia.

Menteri Hanya Pengarah

Saat ditanyakan lebih lanjut tuntutan penggian antikorupsi agar Pansel KPK diketuai oleh menteri non-partai, Pratikno tidak bisa memastikan. Dia hanya menjelaskan, dalam pansel KPK ini, yang memilih langsung adalah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga kemungkinan akan tetap melibatkan para menterinya dalam pansel KPK itu. Namun, Pratikno memastikan bahwa menteri yang ada dalam pansel itu lebih sebagai pengarah.

"Nantinya menteri itu kayak pengarah saja. Seperti pengalaman kita kayak dulu waktu pansel MK kan begitu juga. Jadi beberapa menteri jadi tim pengarah dan kemudian pansel tokoh-tokoh independen," tutur mantan Rektor Universitas Gadjah Mada itu.***Hf


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved