DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Patra SK dan Disnakertrans Dumai, Buka Latihan Las

Editor : Rabu,13 Mei 2015 | 17:46:24 WIB
Patra SK dan Disnakertrans Dumai, Buka Latihan Las Ket Foto :

PELITARIAU, Dumai - Program pelatihan terhadap tenaga kerja terus menerus dilakukan. Hal tersebut sebagai upaya meminimalisir tingkat pengangguran di Kota Dumai.
 
Upaya itu turut dilakukan PT Patra SK Dumai dimana melalui program Corporate social responsibility (CSR) PT Patra SK Dumai bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai menggelar pelatihan keterampilan Las Listrik dasar untuk membekali Pencaker baru yang ada di Kota Dumai.  
 
Kepala bidang Pelatihan kota Dumai Raisman menjelaskan, pelatihan las listrik dasar diikuti peserta sebanyak 16 orang yang terdiri dari 10 orang dari kelurahan tanjung palas dan 6 orang dari kelurahan jaya mukti kecamatan Dumai Timur. "Pelatihan ini akan dilaksanakan selama satu bulan penuh. Seluruh pembiayaan pelatihan di biayai oleh PT. Patra SK melalui dana CSR tahun 2015,"terangnya.
 
Kadisnakertrans H Amiruddin menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT. Patra SK yang telah memberikan pelatihan las listrik dasar kepada pencaker di lingkungan kerja PT.Patra SK. "Pelatihan las listrik dasar ini diberikan kepada Pencaker yang benar-benar belum pernah bekerja. Artinya, mereka yang dilatih itu benar-benar yang belum mengerti tentang las listrik dan belum bekerja," jelas Amiruddin
 
Amiruddin meminta  kepada pihak perusahaan untuk dapat melanjutkan pelatihan ke tingkat lanjutan sehingga mereka mendapat sertifikasi dari Kemenakertrasn Pusat. "Ilmu yang mereka dapatkan pada pelatihan dasar ini belum sempurna, karena itu kita minta kepada PT Patra SK dapat melanjutkan pelatihan ini ketingkatan berikutnya hingga  mereka mendapat sertifikasi kelulusan dari Kemenakertrasn Pusat. Kalau pelatihan dasar ini, mereka hanya dibekali sertifikat dari Disnakertrasn Dumai saja,” ujarnya.
 
Amiruddin juga mengatakan, belum lama ini Disnakertrans Dumai telah melaksanakan beberapa program pelatihan lainnya. Upaya ini sekaligus untuk mengimbangi permintaan tenaga kerja sesuai kebutuhan perusahaan di Kota Dumai. "Disnakertras terus memaksimalkan fungsi Balai Latihan Kerja (BLK) dan Rumah Terampil Disnakertrans Dumai sehingga mampu melahirkan SDM yang handal dan profesional sehingga dapat memenuhi permintaan kebutuhan Perusahaan di Kota Dumai," ungkapnya.
 
Amirruddin juga menghimbau kepada perusahaan-perusahaan yang ada dikota Dumai untuk menyisihkan sebagian dana CSR nya untuk melakukan pelatihan kepada anak-anak yang mencari pekerjaan agar mereka memiliki Skill dan dapat bekerja di perusahaan di Kota Dumai, dan kepada anak-anak para pencari kerja selamat mengikuti pelatihan las listrik dasar sampai selesai ambil ilmu nya, dan diminta untuk merubah mindset untuk bekerja di perusahaan tetapi berusahalah untuk membuka lapangan pekerjaan sendiri agar lebih mandiri,” katanya.
 
Public Relathion (PR) PT. Patra Sk Wisnu Adhittia, disela-sela pembukaan pelatihan tersebut mengatakan, PT. Patra SK bekerjasma dengan Disnakertrans untuk melakukan pelatihan las listrik dasar dan peserta yang di prioritaskan untuk wilayah ring 1 area operasional Pt. Patra SK. "Sebanyak 16 orang pencaker yang mengikuti pelatihan las listrik dasar berada dikawsan ring satu area oprasional PT. Patra SK.
 
"Tidak menutup kemungkinn untuk pelatihan berikutnya dilakukan secara bergilir untuk kecamatan lainnya, tetapi untuk tahap pertama ini di area operasional terlebih dahulu," katanya.
 
Menurutnya, dengan pelatihan las listrik dasar ini tidak menutup kemungkinan juga peluang untuk dapat bekerja di perusaahan PT. Patra SK sangat besar. Tetapi lebih diharapkan kepada peserta pelatihan untuk dapat membuka peluang kerja sendiri.
 
"2015, PT Patra SK melalui dana CSR lebih mengutamakan untuk pendidikan dan Beasiswa bagi siswa kurang mampu serta program pemberdayaan masyarakat seperti pelatihan las listrik dasar," pungkasnya.***RDY
 


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved