DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Suhu di Pekanbaru Sempat Panas Terik, Ini Penjelasan BMKG

Editor :Bambang S Sabtu,05 Desember 2020 | 14:22:20 WIB
Suhu di Pekanbaru Sempat Panas Terik, Ini Penjelasan BMKG Ket Foto : Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki

PELITARIAU, Pekanbaru - Beberapa hari belakangan ini cuaca di Kota Pekanbaru sempat panas. Padahal sebelumnya hampir setiap hari selalu diguyur hujan dengan intensitas rendah hingga tinggi.

Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Marzuki, mengatakan bahwa fenomena tersebut terjadi karena awan yang muncul di wilayah Pekanbaru berkurang.


"Jadi panas matahari itu langsung ke permukaan bumi, jadi itulah mengapa beberapa hari ini suhu maksimum bisa mencapai 33-34 derajat celcius, namun rata-rata masih 27-28 derajat celcius," cakap Marzuki.


Kendati suhu di Pekanbaru mencapai 34 derajat celcius, Marzuki mengatakan bahwa hal itu belum dapat dikategorikan sebagai cuaca ekstrem.


Sementara itu pantauan BMKG hari ini dari seluruh kabupaten/kota di Riau, hanya Kota Pekanbaru yang berpotensi tidak turun hujan.


"Kabuaten Rokan Hulu, Siak dan Bengkalis hujan. Ini hujannya dari kategori ringan hingga sedang," jelasnya.


Pekanbaru sendiri, kata Marzuki, sejatinya masih memasuki musim penghujan, hanya saja tidak berarti setiap hari akan selalu turun hujan.


"Riau berada di wilayah lintang yang lebih tinggi karena Riau ekatorial, jadi di Riau ini pada saat kemarau juga masih ada hujan," bebernya.


Kendati demikian, Marzuki juga mengingatkan masyarakat Pekanbaru untuk waspada terhadap suhu ekstrem yang bisa terjadi di Pekanbaru pada Desember ini.


"Untuk Desember suhu cuaca bisa mencapai 35 derajat celcius, dan ini setiap bulan juga akan ada variasinya," ucapnya. **prc4


sumber: cakaplah


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved