DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Hari Jadi Meranti Momentum Pendewasaan Demokrasi

Editor : Senin,22 Desember 2014 | 07:20:00 WIB
 Hari Jadi Meranti Momentum Pendewasaan Demokrasi Ket Foto : Bupati meranti

PELITARIAU, Selatpanjang - Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-6 mengisyaratkan peningkatan taraf kedewasaan berdemokrasi. Pendewasaan itu menjadikan makna demokrasi sebagai suatu sistem yang dapat membawa kebebasan ruang berpolitik.


Hal itu diungkapkan Bupati Kepulauan Meranti, Drs Irwan MSi, dalam sambutannya sempena Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-6 di Selatpanjang, Jumat (19/12) kemarin. Namun, menurutnya, semua itu harus senantiasa dilakukan dengan landasan toleransi dan taat azas pada peraturan berlaku.

"Kita harus senantiasa menyadari bahwa peringatan Hari Ulang Tahun, sesungguhnya bukanlah suatu prosesi seremonial semata yang dilakukan dari tahun ke tahun. Melainkan harus selalu ditempatkan sebagai energi positif yang mampu mendorong performa dan kinerja terbaik dalam penyelenggaraan pemerintahan yang baik (good governance) di bumi Kepulauan Meranti," kata Irwan.

Ia mengharapkan, semangat memperingati hari Jadi Kepulauan Meranti Ke-6, perlu menumbuhkan kesadaran bersama dalam semangat membangun dan tetap menjaga kekompakan masyarakat di daerah ini, sehingga terwujud Kabupaten Kepulauan Meranti yang senantiasa dalam keadaan aman dan damai serta maju dan sejahtera.

"Untuk itu, diharapkan agar seluruh komponen masyarakat Kepulauan Meranti, tidak terkecuali jajaran instansi vertikal maupun dunia usaha dan elemen masyarakat lainnya, harus bersama-sama mengarahkan potensi sumber daya yang dimiliki masing-masing dalam menghadapi tantangan pembangunan ke depan," ajaknya.

Masyarakat indonesia dan Kepulauan Meranti khususnya, kata Bupati Irwan, sedang menghadapi pasar ekonomi global yang tentu saja masyarakatnya harus mempersiapkan diri secara fisik maupun mental guna menghadapi itu semua.

"Yakinlah dengan kebersamaan dan tekad yang kuat di antara kita untuk melaksanakan visi dan misi pembangunan, diharapkan apa yang kita cita-citakan akan tercapai sesuai harapan bersama yaitu untuk kemajuan, kesejahteraan dan kejayaan Kepulauan Meranti," imbuhnya.

Dengan momentum peringatan Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Meranti Ke-6 tahun 2014 ini, Ia mengharapkan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat tetap bergandengan tangan dalam keberagaman dan harmoni, serta meningkatkan partisipasi dalam program pembangunan.

Kondusifitas keamanan dan ketertiban masyarakat, kata Irwan, sangat diharapkan guna suksesnya agenda demokrasi. Hindari tindakan-tindakan atau isu–isu yang tidak bertanggungjawab, fitnah, gesekan antar kelompok masyarakat, adu domba yang bernuansa politis maupun yang bersinggungan dengan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA) yang dapat memecah belah, memicu permusuhan, pertikaian dan perbuatan anarkis hingga pada ancaman disintegrasi bangsa.

"Ini perlu kita cermati agar kita dapat menjalankan visi dan misi Kabupaten Kepulauan Meranti sehingga sesuai dengan cita-cita kita bersama," harapnya. (kor. nto)

 

Editorial: rio ahmad


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved