DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Tiba di Bali, 159 TKI Penumpang Kapal Pesiar Jalani Tes Covid-19

Editor :Era Puspita Senin,04 Mei 2020 | 19:17:45 WIB
Tiba di Bali, 159 TKI Penumpang Kapal Pesiar Jalani Tes Covid-19 Ket Foto : TKI tiba di Bali.

PELITARIAU, Bali - Kapal Pesiar Quantum Of The Seas dengan membawa ratusan Pekerja Migran Indonesia atau tenaga kerja Indonesia (TKI) tiba ke Pelabuhan Benoa, Denpasar, Bali, Senin (4/5). Para TKI yang berjumlah 159 orang menjalani tes swab di atas Kapal Pesiar sebelum turun. Pengambilan sampel swab dilakukan tim Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Denpasar serta Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

Wakil Gubernur Bali Tjok Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace mengatakan selain di Pelabuhan Benoa, kapal pesiar juga melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta untuk menurunkan sisa penumpang. Dia berharap agar hasil swab semuanya negatif, agar mereka bisa kembali ke rumah masing-masing.

"Sebenarnya ada dua titik penurunan, setelah di Bali kapal ini akan menuju Jakarta untuk menurunkan sisanya sekitar 104 orang lagi. Tentu kita berharap agar hasil tes mereka negatif agar bisa kembali ke rumah masing-masing. Sembari menunggu hasil tesnya, mereka akan diinapkan di hotel," kata Cok Ace.

Sementara itu, Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali yang juga Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, jika keputusan diturunkannya TKI di Bali merupakan kebijakan yang diambil oleh Gugus Tugas Nasional.

"Sesuai keputusan dan perintah Gugus Tugas Nasional, maka mereka harus diterima dengan baik di Bali karena ini satu penugasan dan juga kita ditugaskan untuk mengambil swab kepada PMI ini dilanjutkan dengan uji PCR yang akan kita lakukan nanti di laboratorium yang kita kelola," jelas Dewa Indra.

Setelah menjalani tes, 120 orang asal Bali, 27 orang asal Jawa Timur dan 12 orang berasal dari NTB ini selanjutnya diinapkan di Inna Beach Kuta sembari menunggu hasil lab PCR.

"Sambil menunggu hasil dari uji PCR ini, maka keseluruhan PMI ini akan diinapkan di Hotel Inna Kuta. Jika nanti hasil uji PCR-nya ini negatif, tentu akan diizinkan pulang. Jika nanti ada yang hasilnya positif, maka harus dilanjutkan dengan perawatan. Entah dikarantina di tempat yang dikelola oleh Pemprov Bali atau di rumah sakit, tergantung kondisinya sesuai dengan SOP yang telah kita lakukan selama ini," terangnya.

Total 159 Pasien Positif Corona Sembuh

Gubernur Bali Wayan Koster menyampaikan perkembangan Covid-19 di wilayah Provinsi Bali yang telah ditangani selama ini. Dia menerangkan, untuk jumlah keseluruhan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) ada sebanyak 643 orang. Sementara, untuk pasien positif Covid-19 sebanyak 271 orang, terdiri dari delapan orang Warga Negara Asing (WNA), 146 adalah anak buah kapal (ABK) yang merupakan kasus impor, kemudian 20 orang yang terjangkit Covid-19 di luar Bali dan 97 orang yang terjangkit melalui transmisi lokal.

"Yang sudah sembuh sebanyak 159 orang. (Di antaranya) empat orang WNA dan 155 orang WNI. Yang meninggal sebanyak empat orang, dua orang WNA dan dua orang WNI," kata Koster di Denpasar, Bali.

Sedangkan untuk jumlah pasien Covid-19 yang masih dirawat sebanyak 108 orang di 11 rumah sakit rujukan dan tempat karantina yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Bali. **prc5

sumber: merdeka.com 


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved