DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Si Buah Hati Tak Bisa Keluar Rumah? Ini 5 Ide Seru untuk Dilakukan

Editor :Bambang S Rabu,25 Maret 2020 | 15:33:49 WIB
Si Buah Hati Tak Bisa Keluar Rumah? Ini 5 Ide Seru untuk Dilakukan Ket Foto :

PELITARIAU, Jakarta - Di tengah wabah virus corona atau COVID-19 yang tengah menjadi pandemi global saat ini, memaksa orang-orang untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Hal itu pun berlaku buat Si Buah Hati, biar tetap aman dari kondisi mencekam ini, Si Buah Hati harus terus berada di rumah.

Padahal, untuk Si Buah Hati yang berada di masa toddler dan prasekolah perlu melakukan eksplorasi agar bisa menstimulasi tumbuh kembang optimalnya. Menurut Nutritods Council Expert, Ratih Ibrahim, ada banyak ide aktivitas menarik yang bisa dilakukan di rumah untuk menstimulasi tumbuh kembang Si Buah Hati di masa toddler & prasekolah, yakni dengan cara bermain sambil belajar.


Menurutnya, contoh-contoh ide aktivitas di rumah bisa dilakukan berdasarkan 5 dimensi tumbuh kembang, antara lain, kesehatan, motorik, sosialisasi, bahasa, dan kognitif. Nah, buat Bunda yang ingin #EksplorasiJalanTerus dan Si Buah Hati tetap aktif, berikut ini ada 5 ide aktivitas stimulasi di rumah yang bisa dilakukan Si Buah Hati.

 

Lomba Balap Kardus untuk Stimulasi Motorik


Untuk menstimulasi motorik Si Buah Hati, Bunda bisa bermain lomba balap kardus. Pertama, Bunda perlu menyiapkan kardus bekas. Kemudian potong kardus bekas sesuai ukuran tubuh Bunda dan Si Buah Hati.


Setelah kardus jadi, tentukan titik start dan finish, di area rumah, atau halaman. Setelah semua siap, ajak si kecil untuk duduk di atas masing-masing kardus dan mulai berlomba menggerakkan kardus menggunakan kaki untuk menuju garis finish sambil tetap dalam posisi duduk.


Namun, jika Si Buah Hati masih terlalu kecil, Bunda bisa melibatkan orang lain, misalnya kakak, ayah, atau pengasuh untuk membantu mendorong. Dengan permainan ini, Bunda bisa melatih gerak motorik kasar si kecil dengan melibatkan koordinasi gerakan otot-otot besar.

 

Menyusun Balok Mainan untuk Stimulasi Kognitif


Untuk melakukan aktivitas yang seru ini, Bunda perlu menyiapkan balok susun. Setelah itu, buatlah sebuah bangunan atau pola tertentu dari balok-balok itu. Kemudian, ajak Si Buah Hati berlomba untuk menyusun balok serupa dengan contoh pola tersebut dari balok-balok lainnya yang terdiri dari beragam bentuk dan ukuran.


Dengan cara ini, Si Buah Hati bisa mendapatkan manfaat, antara lain, mengenal konsep bentuk dan ukuran yang berbeda, mengenal konsep keseimbangan dalam menyusun balok, mengembangkan daya kreativitas, serta merangsang pemahaman Si Buah Hati dalam pemecahan masalah.

 

Board Game untuk Stimulasi Psikososial


Contoh dari board games yakni seperti permainan ular tangga, ludo dan uno. Bunda perlu memilih board games yang sesuai dengan kemampuan dan usia Si Buah Hati. Biar lebih seru, ajak juga pengasuh atau anggota keluarga lain untuk ikut bermain.


Jelaskan aturan dari permainan tersebut kepada Si Buah Hati. Bunda juga perlu memastikan Si Buah Hati bermain sesuai dengan aturan, secara bergantian dan dengan jujur. Dengan permainan ini, Bunda bisa mengenalkan dan melatih anak untuk mengikuti aturan, menunggu giliran, berbagi, dan kerja sama.

 

Buat Video atau Vlog untuk Stimulasi Bahasa


Di era sekarang ini, media sosial sudah menjadi konsumsi sehari-hari. Banyak orang yang membuat video ataupun vlog kemudian diunggah di media sosial. Bunda bisa pakai ide ini untuk menstimulasi bahasa Si Buah Hati, lho.


Pertama, ajak Si Buah Hati berdiskusi mengenai hal yang ingin ia buat menjadi sebuah video. Tentunya, pilih kegiatan yang mudah, dapat dilakukan di rumah dan aman untuk Si Buah Hati. Misalnya cara membuat origami, atau sesederhana cara membuat roti bakar kesukaan Si Buah Hati.


Setelah tahu mau membuat apa, persiapkan terlebih dahulu bahan-bahannya, ajak juga Si Buah Hati menyiapkan kalimat-kalimat yang akan diucapkan beserta urutannya. Setelah itu, rekam deh, ajak si kecil mempraktekan, sambil menjelaskan tutorial atau langkah-langkahnya.


Dengan aktivitas yang seru ini, Bunda bisa bermain sekaligus mengasah keterampilan berbahasa Si Buah Hati dalam merangkai kalimat yang lebih kompleks dengan cara yang menyenangkan. Berbicara di depan kamera juga bisa meningkatkan keberanian dan kepercayaan diri Si Buah Hati.

 

Food for Your Teeth untuk Stimulasi Kesehatan


Bunda juga perlu loh, mengenalkan Si Buah Hati tentang kesehatan. Caranya bisa dengan bermain food for your teeth. Pertama, Bunda perlu menyiapkan potongan gambar berbagai jenis makanan. Kemudian siapkan kertas dan alat gambar, lalu ajak Si Buah Hati menggambar dua buah gigi, ilustrasi gigi sehat yang tersenyum dan ilustrasi gigi sakit dengan wajah sedih.


Setelah itu, ajak Si Buah Hati menempelkan potongan-potongan gambar makanan. Bantu Si Buah Hati mengklasifikasi makanan yang sehat dan baik untuk gigi dan yang tidak sehat. Dengan permainan ini, Bunda bisa mengajarkan Si Buah Hati untuk mengenali makanan yang baik dan tidak untuk kesehatan gigi.


Seru kan ide aktivitas stimulasi yang bisa dilakukan Si Buah Hati di rumah? Sebagai orang tua, Bunda memang memiliki peran besar dalam proses tumbuh kembang Si Buah Hati. Oleh karena itu, Bunda bisa melakukan hal-hal seru seperti di atas untuk membantu stimulasi Si Buah Hati.


Bunda bisa lho, gunakan permainan-permainan yang disukai Si Buah Hati, agar tahapan atau proses stimulasi berjalan dengan menyenangkan. Masih ada banyak ide kreatif yang bisa Bunda kembangkan. Paling penting, kegiatan-kegiatan untuk stimulasi ini tak harus dilakukan di luar rumah, tapi bisa juga dilakukan di rumah, terlebih di kondisi yang seperti sekarang ini.


Bunda juga perlu memastikan eksplorasi Si Buah Hati tetap terlindungi dengan memberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang. Bunda bisa berikan Si Buah Hati DANCOW dengan Nutritods yang mengandung probiotik atau bakteri baik Lactobacillus rhamnosus, serat inulin dan 3x vitamin D yang bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh Si Buah Hati.


Bakteri baik Lactobacillus rhamnosus yang terkandung dalam DANCOW ini juga sudah terbukti secara klinis dapat membantu menurunkan risiko ISPA, seperti flu dan batuk dan menurunkan resiko diare serta meningkatkan daya tahan tubuh Si Buah Hati sehingga tidak mudah sakit. DANCOW dengan Nutritods juga dilengkapi juga dengan 0 gram sukrosa dan lebih banyak laktosa sebagai sumber energi yang lebih sehat.


Dukung Si Buah Hati agar #Eksplorasi Jalan Terus. Lihat kumpulan ide-ide aktivitas di rumah untuk Si Buah Hati lainnya dari Ratih Ibrahim di www.dancowparentingcenter.com dan share juga ide Bunda dalam mendukung eksplorasi Si Buah Hati di rumah. Info selengkapnya tentang DANCOW dengan Nutritods bisa dilihat di sini. **prc4


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved