DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Yulian Norwis: Cuci Tangan Pakai Sabun Langkah Awal Bagi Kita Untuk Menjaga Kesehatan

Editor :Herman Kamis,28 November 2019 | 11:46:44 WIB
Yulian Norwis: Cuci Tangan Pakai Sabun Langkah Awal Bagi Kita Untuk Menjaga Kesehatan Ket Foto : Sekda Meranti Yulian Norwis (memakai Topi Biru) foto bersama

PELITARIAU, Meranti - Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengikuti kegiatan Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia Pakai Sabun Tahun 2019, kegiatan dalam rangka membudayakan masyarakat khususnya para pelajar untuk hidup bersih mencuci tangan pakai sabun, dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Meranti, Kamis (28/11/2019).

Turut Ketua DPRD Meranti Jack Ardiansyah, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Danramil Selatpanjang Mayor Inf. Irwan, Camat Tening Tinggi Abdul Hamid, Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti Asrul Medi, Kepala Puskemas Tebing Tinggi, serta Ratusan Pelajar mulai dari Tingkat SD sampai SMA sederajat.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia dilingkungan Pemkab. Meranti, ditandai dengan pelepasan Balon Ke udara, Pencanangan serta Percontohan bagaimana mencuci tangan yang baik kepada masyarakat khususnya pelajar dan siswa yang dipraktekan oleh Sekdataris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, Wakil Ketua DPRD Meranti Jack Ardianysah, Camat Tebing teggi dan tamu lainnya.

Kemudian dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengucapkan apresiasi kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini sangat strategis dan penting dalam rangka membudayakan pola hidup bersih kepada masyarakat khususnya para siswa dan pelajar yang dimulai dengan mencuci tangan dengan sabun.

"Cuci tangan pakai sabun merupakan langkah awal bagi diri kita untuk menjaga kesehatan. Mari budayakan cuci tangan pakai sabun agar kita semua terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kuman," ujar Sekda. 

Agar upaya sosialisasi hidup sehat ini berjalan dengan masif dan maksimal, Sekda Meranti berpesan kepada orang tua dan guru untuk mengajarkan kepada anak maupun peserta didik untuk senantiasa membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun. 

"Kepada seluruh guru dan orang tua mari kita ajarkan kepada anak dan siswa untuk hidup bersih dan sehat sejak dini, dengan menggalakan budaya cuci tangan pakai sabun," ucapnya.

Selanjutnya dalam rangka mendukung program itu, Pemerintah Daerah Kepulauan Meranti, dikatakan Sekda, akan mengadakan tempat cuci tangan umum dilokasi strategis seperti taman dan pusat keramaian. Agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mencuci tangan sekaligus mendukung program pemerintah dalam menyehatkan masyarakat dan menekan angka kematian yang disebabkan oleh kuman penyakit.

Terakhir, kepada seluruh insan kesehatan dan masyarakat yang hadir dalam peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia dihalaman Kantor Bupati, Sekda berharao kegiatan tersebut jangan hanya bersifat seremonial belaka, tapi benar-benar dapat disosialisasikan dan diaplikasikan dalam kehidupan mulai dari diri, keluarga dan masyarakat dalam rangka mewujudkan masyarakat Meranti yang sehat dan produktif dalam membangun Meranti lebh baik lagi kedepan. 

"Mari kita budayakan prilaku hidup bersih dalam meningkatkan drajat kesehatan masyarakat di Kepulauan Meranti," pungkasnya.

Senada dengan Sekda Meranti, Camat Tebing Tinggi Abdul Hamid juga mengutarakan hal serupa, menurutnya Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun sifatnya sederhana namun memiliki pengaruh yang besar bagi kesehatan masyarakat. Untuk itu ia meminta kepada aparatur Kecamatan dan para guru untuk mensosialisasikan program ini agar diri dan masyarakat terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh kotornya tangan.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya para siswa dalam menjaga kebersihan diri, lingkungan dan sekolah sejak dini yang dimulai dengan mencuci tangan pakai sabun," ucap Camat.

Sekedar informasi, dari keterangan Sekretaris Dinas Kesehatan Meranti Asrul Medi, Dinas Kesehatan mencatat 50 persen penyakit Diare disebabkan karena pola hidup tidak higienis terutama kotornya tangan. Untuk itu sesuai dengan Tema yang diusung kali ini yakni "tangan bersih untuk kita semua bertapa pentingnya menjaga tangan dari kuman penyakit agar tidak terjangkit

Ia mengajak semua masyarakat untuk saling mengingatkan cuci tangan pakai sabun. "Ajaklah teman, keluarga dan saudara untuk mencuci tangan dengan sabun sebagai prilaku hidup sehat dalam mewujudkan masyarakat Meranti yang sehat, mandiri dan berkeadilan," pungkasnya. 

Dalam kegiatan itu juga digelar Senam Masal Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun yang diikuti oleh Sekda Meranti, Ketua DPRD, Forkopimda, Para Guru dan Pelajar Tingkat SD-SMA sederajat. (Humas Pemkab. Meranti).


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved