DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Puskesmas Alahair Gelar Jambore Ibu Hamil Diikuti Ratusan Peserta

Editor :Herman Selasa,17 September 2019 | 17:44:04 WIB
Puskesmas Alahair Gelar Jambore Ibu Hamil Diikuti Ratusan Peserta Ket Foto : Saat acara dilaksanakan di Ball Room Grand Meranti Hotel.

PELITARIAU,  Meranti - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Alahair, Kecamatan Tebingtinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau menggelar Jambore Ibu Hamil. Selasa (17/9/19) di Ball Room Grand Meranti Hotel.

Kegiatan mengusung tema 'Maksimalkan Buku KIA Sebagai Sumber Informasi Kesehatan Bagi Ibu Hamil dan Upaya Pencegahan Stunting'. Diikuti kurang lebih 210 orang ibu hamil beserta suami.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Kepulauan Meranti yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum H, Rosdaner, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Drs, H, Nuriman Khair, Kepala Dinas Kesehatan drg. Ruswita, Kepala UPT Puskesmas Alahair dr. Sista Nirmala, Camat Tebingtinggi Abdul Hamid, Kepala BPJS, Ketua IDI Kepulauan Meranti, dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis anak RSUD Meranti, Penggerak PKK, para Lurah dan Kades se wilayah unit kerja Puskesmas Alahair.

Kepala UPT Puskesmas Alahair, dr. Sista Nirmala mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan motivasi dan pengetahuan kepada ibu hamil, khususnya bagaimana pemahaman tentang kesehatan ibu hamil.

"Ini juga sebagai upaya kita dalam mencegah stunting sedini mungkin dari sejak ibu hamil," ungkap Sista Nirmala.

Dikatakannya, kegiatan ini merupakan tahun kedua dilaksanakan UPT Puskesmas Alahair. Dengan sasaran 210 orang ibu hamil beserta pasangannya, yang berada di wilayah unit kerja Puskesmas Alahair.

"Kita mengundang narasumber dari RSUD Kepulauan Meranti, yakni dokter spesialis kandungan dan dokter spesialis anak. Ibu hamil dan pasangannya bisa menanyakan langsung apa yang mereka tidak tahu tentang permasalahan kehamilan, juga nanti ke balitanya," ujarnya.

Asisten III Setdakab Kepulauan Meranti, Rosdaner saat membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, kegiatan jambore ibu hamil perlu dilaksanakan guna meningkatkan kepedulian, komitmen dan aksi nyata terutama pemangku kepentingan terkait menurunkan angka kematian ibu dan bayi.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh stakeholder yang menyukseskan kegiatan jambore ibu hamil dalam rangka memaksimalkan pemanfaatan buku kesehatan ibu dan anak (KIA), sebagai sumber informasi kesehatan dalam upaya pencegahan stunting bagi balita," tuturnya.

Dijelaskan Rosdaner, buku KIA dinilai sangat bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan ibu dan anak. Karena berisi informasi kesehatan, pemantauan, pertumbuhan dan perkembangan meliputi imunisasi, gizi seimbang dan vitamin A.

"Ibu hamil yang memiliki buku KIA juga lebih sering melakukan pemeriksaan kehamilan dan bersalin di fasilitas kesehatan. Sehingga, bayinya lebih banyak mendapat imunisasi," bebernya.

Camat Tebingtinggi, Abdul Hamid menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan ini kerupakan suatu pencerahan dan salah satu pemicu bagi ibu hamil, khususnya di Kecamatan Tebingtinggi dalam menjaga kesehatan.

"Ini salah satu pemicu untuk menyadarkan para ibu hamil, khususnya di Kecamatan Tebingtinggi terkait kesehatannya, apalagi dalam kondisi alam di Kepulauan Meranti saat ini kurang bersahabat akibat kabut asap," katanya.

Selanjutnya, Abdul Hamid juga mengapresiasi para suami yang memberi motivasi kepada ibu hamil sehingga bisa hadir dalam kegiatan tersebut.

"Mari sama-sama kita jaga kesehatan kita, terkhusus untuk ibu hamil, apalagi dengan kondisi alam kita yang tidak begitu bersahabat, kabut asap kiriman daerah tetangga. Kurangi aktifitas di luar ruangan, dan jika memang harus keluar jangan lupa gunakan masker," pesannya. **


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved