DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Perjuangan Satgas Gabungan Padamkan Kebakaran di Desa Lukun Kades Lukman Pimpin Warga Padamkan Api

Editor :Herman Rabu,14 Agustus 2019 | 00:14:08 WIB
Perjuangan Satgas Gabungan Padamkan Kebakaran di Desa Lukun Kades Lukman Pimpin Warga Padamkan Api Ket Foto : Kades lukun Lukman bersama Satgas gabungan dan masyarakat saat padam kan api di desa lukun

PELITARIAU, Meranti  - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di Desa Lukun tepatnya di daerah sungai Kiau perbatasan wilayah desa Batin Suir Kecamatan Tebingtinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti, Puluhan  petugas gabungan berjibaku melakukan pemadaman api, Rabu (14/8/19).

"Pemadaman sudah memasuki hari kedua, Sumber api belum diketahui sampai merambah dari lahan masyarakat di Sungai Kiau kemudian menjalar ke lahan disekitar tersebut sampai lah ke wilayah Desa Batin Suir, ungkap Kepala Desa Lukun Lukman , melalui whatshap nya. 

Dia mengatakan, sebanyak 33 orang petugas diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman, Hal itu dilakukan agar api tidak semakin meluas.

"Kita sudah berupaya menangani kebakaran ini. Tim terdiri dari Polri TNI, BPBD, rekan - rekan dari PT NSP serta dibantu oleh masyarakat "kata Lukman. 

Sejauh ini mesin pompa air ada sekitar 6 unit, Kemudian di tambah alat seadanya saja, Kendalanya cuma mematikan api di dalam gambut cukup sulit," kata Lukman. 

Beberapa hari sebelumnya, lanjut dia, api di permukaan gambut sudah berhasil dipadamkan. Namun, karena cuaca panas dan angin kencang, api kemudian muncul lagi dan mengeluarkan asap.

"Ini kan tanah gambut, Kedalamannya sekitar tiga sampai empat meter, Kemarin cuaca panas dan angin kencang, sehingga api naik lagi ke atas," beber Lukman. 

Terakhir dia menyebut, luas lahan yang terbakar saat ini lebih kurang sekitar seratus hektar, yang merupakan semak belukar tanah gambut,tutup **adit


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved