DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Riau Siagakan 100 Puskesmas Selama Mudik Lebaran

Editor :Bambang S Sabtu,01 Juni 2019 | 14:06:51 WIB
Riau Siagakan 100 Puskesmas Selama Mudik Lebaran Ket Foto : Bangunan Puskesmas Pekanbaru Kota atau yang disebut Puskesmas Wisata di Provinsi Riau, siap melayani pemudik. (FOTO ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru, pelitariau - Pemerintah Provinsi Riau menyiagakan sebanyak 100 puskesmas untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, khususnya mengatasi kedaruratan, pada arus mudik Idul Fitri (Lebaran) 1440 Hijriah.

“Salah satu upaya untuk mengatasi kedaruratan adalah penyediaan fasilitas layanan kesehatan. Ada 100 puskesmas yang disiagakan sebagai fasilitas layanan kesehatan primer,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Nazir, kepada ANTARAdi Pekanbaru, Sabtu.

Puskesmas tersebut ada yang berada di jalur mudik, di antaranya seperti di rute menuju Kabupaten Inhil dari Kota Pekanbaru terdapat sembilan puskesmas.

Kemudian, rute Teluk Kuantan sampai dengan Air Molek ada delapan puskesmas. Untuk jalur mudik menuju Sumatera Barat terdapat tujuh puskesmas, dan menuju Dumai hingga Bagan Batu ada 11 puskesmas.

Sedangkan untuk fasilitas pelayanan kesehatan sekunder ada 16 rumah sakit pemerintah. Ia menjelaskan rumah sakit umum daerah (RSUD) tersebut tersebar di seluruh kabupaten/kota di Riau, di antaranya seperti RSUD Arifin Achmad, RSUD Bengkalis, RSUD Dumai dan RSUD Selat Panjang.

“Lalu ada RS siaga yakni rumah sakit swasta, ada 26 semuanya di Kota Pekanbaru,” ujarnya.

Selain itu, ia mengatakan Dinas Kesehatan juga membentuk 100 posko kesehatan di seluruh kabupaten/kota. Petugas medis yang bersiaga biasanya bergabung dengan posko arus mudik instansi lainnya.

Penyediaan fasilitas layanan ini juga dilengkapi dengan mobil ambulans. Seluruh puskesmas rata-rata sudah memiliki ambulans masing-masing. Meski begitu, ia mengatakan tetap disiagakan 60 mobil ambulans yang siaga di posko bersama angkutan mudik dengan Polri.

Ia berharap penyediaan fasilitas layanan kesehatan ini bisa merespon dengan cepat apabila terjadi kecelakaan selama cuti bersama maupun saat arus mudik Lebaran. Sebabnya, berdasarkan kejadian krisis kesehatan pada saat mudik Lebaran 2017 di puskesmas, RS maupun posko kesehatan lumayan banyak kasusnya.

Kasus luka ringan atau rawat jalan banyak ditangani di puskesmas yakni sebanyak 310 kasus, di RS 191 kasus dan di posko kesehatan 170 kasus.

“Yang tidak kalah penting adalah upaya pencegahan melalui himbauan di media dan pengecekan kesehatan pengemudi,” demikian Mimi Nazir.*bbg

 


Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved