DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Festival Budaya Batanggansal

Pemerintah Bisa Bangun Kampung Penduduk di Lokasi Penyanggah TNBT Inhu

Editor : Sabtu,15 November 2014 | 12:59:00 WIB
Pemerintah Bisa Bangun Kampung Penduduk di Lokasi Penyanggah TNBT Inhu Ket Foto : ilustrasi :
PELITARIAU, Rengat - Festival Budaya Batanggansal yang dipusatkan di Desa Rantau Langsat Kecamatan Batanggansal Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Riau, Jum,at (14/11) secara resmi dibuka oleh Bupati Inhu Yopi Arianto,SE.
 
Acara ditaja oleh Dinas pemuda dan Olahraga budaya dan pariwisata (Disporabutsata) Kabupaten Inhu bekerja sama dengan Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT), kegiatan Festival Budaya batanggansal dalam upaya memajukan wisata TNBT.
 
Sejumlah perlombaan budaya asli Kecamatan Batanggansal di perlombakan diantaranya, Lomba Musik Gambus,Pacu sampan, Pacu rakit, Silat tradisional, Lomba gasing, lomba lempar lemping, lomba memancing dan Kreasi Sofenir daerah setempat serta menggelar lomba Sepeda gunung cross country dan lomba Foto alam.
 
Bupati Inhu Yopi Arianto SE didampingi Sekda Inhu Drs HR Ersiman Msi, dihadiri kepala TNBT Kabupaten Inhu Ir Among Zamora, Kadis Porabutsata Drs Armansyahserta sejumlah kepala dinas, Kepala kantor, Camat batanggansal dan sejumlah Kepala desa di Kecamatan Batanggansal.
 
Bupati Yopi dalam sambutannya menyampaikan, kalau Festival Budaya Batanggansal harus lebih meriah lagi ditahun akan datang, dimana kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang bisa mengangkat budaya melayu di Kecamatan Batanggansal.
 
"Pemerintah daerah mendukung penuh kegiatan ini, kedepan diharapkan bisa melibatkan seluruh masyarakat desa yang ada di Kecamatan Batanggansal," harap Yopi.
 
Karena daerah ini masih masuk dalam kawasan Balai Taman Nasional Bukti Tiga Puluh maka kita mintakan juga kepada pihak TNBT seperti apa jaminan hukum atas pengembangan kegiatan kebudayaan masyarakat di Kecamatan Batangansal yang bersentuhan langsung dengan TNBT.
 
"Daerah seperti ini banyak yang harus kita benahi, peperti jalan yang kita lintasi tadi (jalan Rantau langsat,red), kondisinya rusak berat, kedepan akan dibuat semenisasi," ujar Yopi seraya menjelaskan apa boleh pelaksanaan pembangunan jalan masuk dalam kawasan TNBT.
 
Ditempat yang sama, Kepala balai TNBT Ir Among Zamora menyampaikan, kalau kegiatan Festival Budaya Batanggansal ini merupakan upaya untuk memaukan TNBT sebagai lokasi wisata manca negara. "Karena desa rantaulangsat adalah daerah penyanggah TNBT maka boleh dibangun inspratruktur jalan dan fasilitas lainnya," Kata Among.
 
Kepala Balai TNBT ini menjelaskan, jika masyarakat bermukim diareal TNBT dan membutuhkan inspratruktur seperti jalan dan jembatan maka lokasi yang akan dilakukan pembangunannya bersifat pinjam pakai kepada pihak TNBT. "Kita mendukung jika jalan dan jembatan serta lokasi-lokasi TNBT dibangun oleh Pemkab Inhu," ujarnya. (cr.pen)
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh pelitariau.com Kegiatan Festival Budaya Batanggansal tersebut di laksanakan selama empat hari kedepan mulai (14/11) hingga (16/11) kedepan, Festival ini, kali kedua dilaksanakan di Desa Rantaulangsat. (cr.pen) 
 
Editor : Ramdana Yudha

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved