Kanal

Bupati Suyatno : Kawasan Parit Gepak Bakalan Jadi Objek Wisata Permainan

PELITARIAU,ROHIL- Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) berencana setelah selesai pengerjaan Parit Gepak yang berada di kawasan Kelurahan Bagan Timur, Kecamatan Bangko, Rohil, ini akan di jadikan salah satu objek wisata Bagansiapiapi.

 

Demikian disampaikan Bupati Kbaupaten Rokan HIlir (Rohil) H Suyatno Amp, saat meninjau pengerjaan normalisasi parit Gepak, jum'at (26/2). Kata H Suyatno, nanti kawasan ini akan kita jadi objek wisata Rohil. Nanti di areal ini juga akan kita buat permainan anak-anak, bebek dayung, serta setiap tanggal 17 Agustus.

 

"Kalua air mencukupi, Pemerintah Daerah akan membuat pertandingan untuk masyarakat Bagansiapiapi. “Ini lokasi sangat strategis, dekat, dan bagus. Jangkauan jarak tempuh, dekat dari lingkungan mayarakat,"Terang Suyatno.

 

Untuk itu, Bupati Suyatno meminta kepada Dinas teknis apa yang sudah didprogramkan, betul-betul dilaksanakan."Apalagi jalan ini masuk visi misi saya, supaya ada jalan alternative yang masuk ke Bagansiapiapi,” katanya.

 

Tambah Bupati Suyatno, bila mana masyarakat mempunyai lahan sepanjang Parit Gepak, dimintanya segera melapor ke camat, dengan membawa tanda bukti kepemilikan, surat-surat tanah. “Karena sungai ini akan saya perlebar jadi 15 meter,” katanya lagi.

 

Setelah Parit Gepak dikerjakan, menyusul Sungai Parbrik, dan menurut Dinas Bina Marga dan Pengairan, Sungai Pabrik harus dibersihkan juga,"Ucapnya.

 

“Sungai Pabrik juga sudah kami usulkan melalui dana APBD Provinsi Riau itu, kemaren Rp7 miliar kalau ndak salah saya, tapi terkendala dengan ganti rugi yang belum kita selesaikan,” jelas Suyatno.

 

Dalam pada itu, dalam waktu dekat, pemkab juga akan membuat embung sebagai contoh terlebih dahulu. “Untuk menyerap air sepanjang Jalan Madrasah, Jalan Siak, Jalan Selamat, rumah-rumah penduduk yang begitu padat itu, sampai hari ini kan masih tergenang air itu. Makanya kita coba mengatasinya dengan membuat embung ukurran 35 x 50 meter. Itu uji coba pertama dulu. Kedepan nanti ada hasil, baru kita tindaklanjuti.Bupati Suyatno : Kawasan Parit Gepak Bakalan Jadi Objek Wisata Permainan.***Jr


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER