Kanal

Nihil Titik Api, Rohil Dikepung Asap

PELITARIAU, Bagansiapiapi- Kendati berdasarkan pantauan satelit tidak ditemukan titik api akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan, namun kenyataannya sejumlah kawasan di kabupaten Rokan Hilir masih dikepung asap.

Berdasarkan pantauan pelitariau.com dilapangan, Rabu (2/9)  menyebutkan, bahwa ketebalan kabut asap yang menyelimuti daerah Rokan Hilir ini juga terkesan semakin bertambah pekat dan mulai dapat dirasakan dampaknya. Untuk daerah Ujung Tanjung,  kecamatan Tanah Putih, Bagan Sinembah dan kecamatan Balai Jaya keberadaan kabut asap tersebut juga mulai mengganggu aktivitas lalulintas khususnya pada malam sampai pagi hari. Dan kendati sampai saat ini belum diperoleh jumlah penderita Ispa yang diakibatkan oleh asap tersebut, namun kemunculan kabut asap didaerah Rokan Hilir tersebut kini sudah mulai menyesakkan dada.

"Berdasarkan data yang ada sampai saat ini bahwa untuk jumlah penderita Ispa yang berkunjung ke Puskesmas Balai Jaya memang ada peningkatan, namun belum seberapa," ujar Kepala Puskesmas Balai Jaya, dr Hj Menti kemarin.

Hal ini menurutnya disebabkan kondisi udara didaerah hasil pemekaran dari kecamatan Bagan Sinembah tersebut tidak stabil. " Pertama mungkin karena kualitas udara didaerah kita ini tidak stabil, kadang asapnya tebal namun kadang juga tidak ada," terangnya kembali.

Namun demikian dirinya tetap menghimbau kepada seluruh warga masyarakat agar tetap waspada terhadap kondisi yang ada saat ini serta tidak melupakan untuk memperbanyak konsumsi air minum. "Jika memang kondisi udaranya semakin tebal tentu kita menghimbau masyarakat agar mengurangi aktivitasnya diluar rumah dan selain itu tentu harus memperbanyak konsumsi air minum semua ini untuk mengantisipasi terjadinya dehidrasi," Menti.

Sementara itu camat Balai Jaya, Samsuhir Spd secara terpisah kemarin juga menyebutkan, bahwa diduga kuat asap yang menyelimuti daerahnya itu adalah kiriman dari luar daerah." Karena didaerah kita memang tidak ada ditemukan titik api, jadi kemungkinan besar asap yang menyelimuti daerah kita ini adalah asap kiriman dari daerah lain," ujarnya.

Namun demikian dirinya tetap menghimbau kepada seluruh aparatur jajarannya untuk tetap memantau daerahnya masing-masing. " Kita juga selalu menghimbau agar seluruh datuk penghulu dapat melakukan pemantauan didaerahnya bersama-sama dengan aparatur lainnya," jelas Samsuhir lagi.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan Rokan Hilir, Rahmatul Zamri kemarin juga menyebutkan, bahwa untuk dikawasan kabupaten Rokan Hilir sudah diselimuti kabut asap. " Ya berdasarkan pantauan hari ini (kemarin,Red) daerah kita nihil titik api. Namun demikian asap sudah menyelimuti hampir diseluruh daerah kecamatan,"jelasnya***Adv/Humas/Zai


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER