DOWNLOAD APP PELITARIAU.COM
  

HOT TOPIC

Secara Langsung Diserahkan Oleh Bupati Irwan

Nelayan Kepulauan Meranti Dapat Bantuan Pemerintah

Editor :Doni Ruby Saputra Rabu,20 Mei 2015 | 11:23:00 WIB
Nelayan Kepulauan Meranti Dapat Bantuan Pemerintah Ket Foto : Ilustrasi:

PELITARIAU, Selatpanjang - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti terus berupaya meningkatkan taraf hidup masyarakat Nelayan, selain melakukan pembinaan, Pemda Meranti juga memberikan bantuan alat perikanan, mulai dari Kolam Beton hingga Jaring dan Coolbox, pemberian bantuan langsung diberikan Bupati Drs H Irwan MSi nelayan di Kepulauan Meranti Senin (18/5) kemarin

Kepada para Nelayan, Bupati Irwan yang didampingi Kepala Dinas Perikanan Meranti Askandar, mengatakan, pemberian bantuan alat perikanan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan dan taraf hidup Nelayan. Namun seperti diakuinya, meski bantuan terus diberikan tiap tahun, sepertinya belum mampu mengangkat taraf hidup Nelayan secara Significant. Hal itu menjadi tantangan bagi Pemda untuk terus berinovasi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan Nelayan, yang masih banyak berada dibawah garis kemiskinan.

Salah satunya melalui pemberian bantuan yang tepat sasaran, artinya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat Nelayan itu sendiri. Untuk mewujudkanya diperlukan komunikasi yang baik antara Dinas Perikanan dan Nelayan tanpa satu persepsi hal itu sulit diwujudkan. "Komunikasi antara Nelayan dan Dinas Perikanan sangat diperlukan dalam rangka mensinkronisasikan antara bantuan dengan kebutuhan Nelayan," ujar Bupati Irwan.

Kedepan Bupati berharap, SKPD terkait terus berinovasi dalam memanfaatkan dan mengolah potensi perikanan di Kabupaten Kepulauan Meranti, jika laut dinilai tidak potensial lagi mungkin dapat diupayakan sebuah format baru budidaya ikan melalui tambak atau lainnya. "Jika laut dinilai sudah tidak potensial lagi mungkin kita dapat memanfaatkan budidaya tambak dan lainnya agar waktu Nelayan tidak terbuang percuma, apa gunanya menjaring dilaut sementara ikan sudah tak ada lagi," jelas Bupati.

Akhir kata, Bupati berpesan kepada para Nelayan penerima bantuan dapat memelihara dan memanfaatkan bantuan itu sebaik-baiknya. "Bantuan ini silahkan dimanfaatkan dan dipelihara sebaik-baiknya sesuai dengan peruntuan," ucap Bupati.

Besar harapan Bupati, bantuan yang diberikan dapat menjadikan Nelayan lebih mandiri dan mampu meningkatkan taraf ekonominya. "Hendaknya bantaun ini dapat menjadi rangsangan jangan malah ketergantungan, sehingga besok Nelayan bisa lebih mandiri dan berdaya, yang berujung pada meningkatnya ekonomi Dan kesejahteraan Nelayan," pungkas Bupati.

Adapun rincian bantuan yang diberikan berupa, Kolam Beton, Pompong 3 GT sebanyak 7 Unit , Jaring, Jala, Coolbox, serta Gumbang. Yang dibagikan untuk masyarakat Nelayan Desa Ayun Permai, Desa Insit, Darul Aman, Baran Melintang, Nipah Sendanu dan lainnya.***Doni

Akses PelitaRiau.Com Via Mobile m.pelitariau.com

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT

BERITA LAINNYA

shadow
Copyright © 2014 PelitaRiau.Com All right reserved