Kanal

Ribuan Massa dari Berbagi Ormas Islam Demo Tangkap Ahok di Mapolda Riau

PELITARIAU, Pekanbaru - Usai sholat Jumat mulai Pukul 14.00 WIB pendemo duduki bundaran Tugu Zapin di depan Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru. Massa yang didominasi berpakaian serba putih bergerak menuju Markas (Mapolda) Riau pada Jumat (4/11).

Ribuan massa yang turun ke jalan menyerukan mengecam Ahok. Atas perbuatan menistakan agama. Diantara yang ikut turun ke jalan adalan massa Hizbut Tahrir Indonesia (HTI), Front Pembela Islam (FPI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau, MUI Riau dan berbagai organisasi Islam di Riau lainnya.

Aksi ini dilakukan di bawah terik matahari dan suhu 33 derajat celcius. Suasana makin panas karena air mancur di bundaran dimatikan.

"Ini hanya sebagian dari ribuan umat Islam di Indonesia. Ketika agama kita dihina tentu kita tidak diam saja," ujar teriakan orator yang disambut teriakan Allahu Akbar dari demonstran.

Jalan Sudirman juga ditutup yang memacetkan fly over. Ribuan massa yang bergerak dari samping Menara Dang Merdu disusul ratusan massa yang berkendaraan sepeda motor selang sepuluh menit pergerakan.

Gabungan massa susulan yang terdiri dari mahasiswa berbagai universitas, Pembela Tanah Air (Peta), juga ikut memenuhi bundaran tugu zapin depan Kantor Gubernur Riau dan Polda Riau. Massa kembali meminta Kapolda dukung penegakan hukum agar tak tumpul ke atas tajam ke bawah.

Massa yang berorasi sembari kumandangkan kalimat Allah terus minta tangkap Ahok. "Sekiranya polisi tak sanggup menangkap Ahok, maka umat Islam ada di belakang," ujar orator.

Dalam orasi lainnya, massa juga mengutuk keras ucapan Ahok di hadapan masyarakat Kepulauan Seribu. Dan menuntut Ahok untuk lengser dari jabatannya sebagai Gubernur Jakarta. Menurut mereka Ahok tak pantas memimpin siapapun dengan gaya komunikasi yang tak santun dengan kerap kali mengeluarkan ucapan tak patut.

Selanjutnya, massa aksi juga menuntut kepada kepolisian RI untuk segera bertindak mengusut tindakan penghinaan terhadap Al-Quran yang telah dilakukan Ahok.

"Tangkap dan hukum penghina Al-Quran,  jelas dan meyakinkan Ahok telah menghina kita umat muslim dari pernyataan beberapa waktu lalu," teriak orator lagi.

Dalam massa aksi ini juga terlihat banyak anak-anak yang turut serta dengan orang tua mereka melakuan aksi. Banyak spanduk dan bendera massa aksi ini yang isinya merupakan kecaman kepada Ahok.

Pantauan dilapangan arus lintas di perempatan tugu Zapin Jalan Sudirman ditutup total dan dialihkan ke jalan alternatif. Salah satunya yang dari Arah Jalan Bandara SSK II menuju Kantor Gubernur Riau dialihkan ke Jalan Cut Nyak Dien.(prc/hrc)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER