Kanal

Jumlah Keluarga Miskin di Pekanbaru Bertambah?

PELITARIAU, Pekanbaru - Kepala Dinas Sosial menampik bahwa jumlah warga miskin di kota Pekanbaru bertambah.

Isu mengenai ini muncul kepermukaan karena Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) Pekanbaru bertambah menjadi 8.365 keluarga. Padahal, sebelumnya penerima PKH yang dikhususkan bagi Keluarga Sangat Miskin (KSM) ini hanya 3.345 keluarga.

Dengan kata lain bertambah 5.020 keluarga KSM di Pekanbaru.

"Tidak bertambah keluarga miskin di Pekanbaru, hanya saja, kluster penerima PKH di wilayah itu dinaikkan levelnya dari penerima hanya keluarga sangat miskin", menjadi hampir miskin," jelasnya.

Ia menambahkan, penambahan jumlah penerima didapat dari data usulan Dinsos Oekanbaru yang dilaporkan tahun lalu. Dengan demikian jumlah KSM yang akan menerima bantuan PKH di Pekanbaru terhitung November 2016 menjadi 8.365 keluarga.

Chairani juga menyebut, pada November nanti juga akan ada penambahan dana bantuan bagi KSM dalam bentuk voucher belanja senilai Rp110 ribu. Voucher ini dapat dibelanjakan pada sejumlah warung khusus atau e-warung.

"Bisa untuk beli beras, gula, minyak goreng, telur dan susu," ujarnya.

Seperti diketahui, PKH adalah memberikan bantuan tunai kepada KSM yang memenuhi kriteria tertentu. Tujuan PKH yakni mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pada kelompok masyarakat, sebagai upaya mempercepat capaian target Millenium Development Goals.***(al)


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER