Kanal

Atasi Karlahut dan Banjir Wabup Meranti Resmikan Sosialisasi Badan Restorasi Lahan Gambut

PELITARIAU, Meranti– Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim menyempatkan hadir sekaligus membuka secara resmi  sosialisasi restorasi lahan gambut  tahun 2016, acara berlangsung di Aula Kantor Bupati Meranti Jalan Dorak, Selatpanjang, Kamis (6/10/16). 

 

Wabup Meranti H. Said Hasyim menyampaikan atas nama Pemkab Meranti mengucapkan selamat datang kepada Deputi III Badan Restorasi Gambut (BRG) Ibu Myrna A. Safitri beserta rombongan dari Jakarta ke Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Semoga dengan pertemuan ini lebih kita tingkatkan silaturahmi.

 

“ Yang jelas, Kedatangan mereka tujuannya untuk mensosialisasikan tentang restorasi lahan gambut untuk tanah gambut di meranti ini dan juga mereka terjun kelapangan nantinya melihat kondisi dan situasi tanah gambut di Meranti untuk ditanamkan Sagu, sekat kanal dan sumur bor,” ujar Said.

 

Di akuinya, Tanah gambut yang ada di Kabupaten Meranti itu perlu di buat sekat kanal, sumur bor dan kalau bisa selain sagu ditanam ada lagi yang terbaik yakni bibit kayu geronggang, bibit kayu meranti dan bibit kayu punak agar kedepannya Kabupaten Meranti punya potensi yang kaya akan kayu dan sagu di seluruh Indonesia dan harganya sangat menguntungkan bagi masyarakat setempat.

 

“ Oleh sebab itu, kita tidak mau menyalahkan antara satu dengan lainnya dengan ini merupakan program pemerintah yang terpenting masyarakat bisa sejahtera dan kehidupannya terasa nyaman, mari kita resapi dan pahami tentang restorasi lahan gambut ini apakah cocok untuk di Kabupaten Meranti ini,” paparnya.

 

Mantan Sekda Siak ini berharap semoga program restorasi lahan gambut ini membawa ekosistem diwilayah Kabupaten Meranti menjadi membaik dan dapat berkembang seperti biasanya dan yang terpenting kesejahteraan masyarakat itu yang kita jaga kalau program ini cocok tolong di sosialisasikan dengan sebaik mungkin," harapnya.

 

Sementara itu, Deputi Bidang Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan Badan Restorasi Gambut (BRG), Myrna A. Safitri mengatakan kami datang ke Kabupaten Meranti untuk berdialog, minta masukan dan pengarahan tentang tanah gambut di Meranti ini yang tahukan bapak – bapak atau  masyarakat di sini.

 

Di lanjutnya, Program restorasi lahan gambut ini merupakan program pemerintah pusat melalui Presiden RI, Jokowi untuk kelestarian lingkungan hidup dan memperbaiki ekosistem di tanah bergambut tersebut

 

Di jelaskannya, Indonesia ada sebanyak 7 Provinsi dan 4 Kabupaten yang salah satunya Kabupaten Kepulauan Meranti, hal ini sangat penting sekali untuk kita menanggulangi dan melestarikannya,"Ujarnya.***ek


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER