Kanal

Dukung Pengembangan Potensi Sagu,Gubri Gaungkan Sagu Pengganti Beras

PELITARIAU, Meranti- Meski sagu menjadi pengekspor terbesar ke Asia dan Eropa, namun tak begitu banyak masyarakat Indonesia yang mengonsumsinya sebagai makanan pokok. Padahal, sagu sendiri bisa diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat bagi masyarakat.  sagu sangat potensial untuk dikembangkan sebagai bahan pangan alternatif bagi masyarakat Indonesia selain padi. Pasalnya, sagu menghasilkan pati kering sebagai bahan pangan sumber karbohidrat.

 

Gubernur Riau Arsyad Juliand Rahman Kepada wartawan senin (12/9/16) bahwa  Provinsi juga menganggarkan anggaran untuk mendukung potensi pertanian dan perkebunan, yang didalamnya terdapat program pengembangan potensi Sagu Meranti. 

 

"Kita juga telah menganngarkan dana untuk mengambangkan potensi Sagu di Meranti mulai dari untuk sosialisasi, perkebunan hingga pemasaran," jelas Gubri.

 

Lebih jauh dijelaskan Gubri, dalam rangka mendukung pengembangan potensi Sagu Meranti, Pemprov Riau terus menggaungkan ditingkat pusat untuk menjadikannya makanan pengganti selain beras, karena dinilai lebih sehat dan tinggi kalori.

 

"Kita akan terus mendorong potensi Sagu ini, tercatat 80 persen Sagu Meranti belum ada nilai tambahnya di Riau, lebih banyak diekspor keluar daerah. Kami mengupayakan dana Pusat melalui Badan Restorasi Gambut (BRG) untuk mengembalikan komoditi Sagu ini, sehingga dapat terus ditanam dan produksinya terus meningkat. Ini yang harus kita fikirkan bersama agar ada nilai tambah Sagu Meranti," ungkapnya.

 

Upaya sosialisasi Sagu diakui Gubri terus dilakukan Pemprov Riau, dan kedepan melalui pameran penciptaan ratusan menu olahan Sagu yang akan digelar di Pekanbaru pada bulan Desember 2016 mendatang, disitu akan diundang pihak-pihak baik dalam maupun luar negeri dalam rangka promosi Sagu secara Nasional maupun Internasional. Dan di Pekanbaru sendiri dikatan Gubernur makanan olahan Sagu Meranti sudah tak asing lagi karena telah banyak dijual diberbagai restoran.

 

Tercatat saat ini produksi Sagu Meranti telah mendekati 1 juta Ton, diharapkan dengan dukungan dari Provinsi Riau dan Pusat melalui Badan BRG, potensi Sagu Meranti ini terus berkembang yang berujung pada peningkatkan taraf ekonomi masyarakat.***ek

 


Ikuti Terus Pelitariau.com

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER